Apa yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Tiba-Tiba Meninggalkan Anda - Wartawanita.com

Apa yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Tiba-Tiba Meninggalkan Anda ?

Wartawanita.com – Siapa sih yang mau mengalami perceraian atau putus cinta? Apalagi jika pasangan Anda yang tiba-tiba meninggalkan Anda begitu saja. Rasanya tidak ada. Itu sakitnya bukan main. Ditambah Anda sulit berpikir rasional karena Anda sedang sakit hati dan harga diri terluka.

Berikut adalah tips dari pakar dan mereka yang mengalami kejadian menyakitkan itu, siapa tahu Anda bisa mengambil pelajarannya.

  1. Temukan atau ciptakan hidup baru yang lebih memuaskan.

Dengan satu kalimat “Aku ingin bercerai” saja hidup bisa terbalik drastis. Saat ini Anda mungkin merasa hidup menjadi serba tak pasti. Tapi yang namanya hidup memang terus berlanjut. Ambil pelajaran dari Stacey Freeman, editor senior di DivorcedMoms.com. Dia merasa hidupnya sudah berakhir. Padahal dia telah hidup bertahun-tahun dengan suaminya, melewati masa keberhasilannya, kegagalannya, dan keinginannya. Tapi kemudian dia pergi.

Freeman lalu menata hidupnya kembali, dan berhubungan dengan teman-teman lama, dan membaca. Dia juga menemukan kembali tujuan karirnya. Anggap begini, Anda tidak ditinggalkan, tapi dituntun ke kehidupan yang lebih memuaskan.

  1. Terima kemarahan Anda.

Beri diri Anda izin untuk meluapkan emosi dengan total, kata psikolog klinis Tom Rogat. Kemarahan mungkin tampak kontraproduktif, tetapi pada akhirnya akan membantu Anda dengan baik.

“Itu adalah respons yang sehat dan alami ketika pasangan pergi,” Rogat menjelaskan. “Mengungkapkannya dengan cara yang tepat dan tidak agresif bisa melindungi orang yang ditinggalkan. Itu dapat melindungi mereka dari perasaan yang lebih dalam dari ketidakmampuan dan ketidakberdayaan, yang justru bisa membuat seseorang merasa sudah dilumpuhkan. Kemarahan benar-benar dapat memotivasi Anda untuk bertindak positif dan memperkuat perpisahan yang sehat. ”

  1. Tetap tegakan kepala Anda.

Ini mungkin sulit untuk dilakukan pada awalnya, apalagi ketika pasangan meninggalkan Anda untuk wanita lain. Tapi ladies, kata penulis Amy Koko, cobalah sekuat tenaga untuk menangani semua ini dengan anggun. Nantinya Anda akan berterima kasih kepada diri sendiri!

Anda mungkin tergoda untuk melabrak wanita yang sudah merebut pasangan Anda, dan melampiaskan amarah. Tapi tidak, jangan begitu. Sebaliknya, pertahankan harga diri Anda. Jangan menguntit, jangan mengirim email pedas atau pesan sumpah serapah. Koko juga mengatakan, jika Anda dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa menangani ini dengan cara berkelas dan bermartabat, Anda akan lebih mudah untuk move on.

  1. Tetaplah tergantung pada diri sendiri.

Ketika ditinggalkan, berjanjilah pada diri sendiri untuk tetap kuat, sehat, dan sadar, kata psikolog klinis Andra Brosh.

“Jaring pengaman pernikahan Anda telah direnggut tiba-tiba sehingga Anda perlu membuat pola baru sampai Anda dapat menemukan pegangan yang kokoh,” jelasnya. Brosh juga menyarankan untuk membenamkan diri Anda dalam rutinitas keseharian seperti yoga, meditasi, dan menulis jurnal.”

  1. Biasakan diri dengan kalimat orang, “Kamu akan baik-baik saja.”

Selama masa berduka, ibumu, temanmu yang pernah mengalami hal serupa bahkan tetangga dekatmu akan bersusah payah untuk mengingatkan bahwa kamu akan baik-baik saja. Menurut Freeman, ya mereka benar. Pada akhirnya Anda akan baik-baik saja kok.

  1. Fokus pada kenyataan.

Biasanya pada fase awal Anda merasa percaya bahwa Anda dapat memperbaiki masalah yang menyebabkan pasangan Anda pergi. Tetapi ini adalah satu keadaan kehidupan di mana penting bahwa realitas mengalahkan harapan, kata Brosh.

“Anda dapat mengatakan pada diri sendiri apa pun tentang situasi Anda saat ini, tetapi kenyataan yang sedang terjadi di depan Anda tidak bisa diabaikan,” katanya.

  1. Jangan mengemis.

Duh pantrang deh sama yang satu ini. Ketika pasangan Anda memberi tahu kalau mereka tidak lagi peduli pada hubungannya dengan Anda, percaya itu. Pada akhirnya, ini akan menyelamatkan Anda dari dunia yang penuh kecemasan, kata Koko.

“Jika Anda seperti saya, Anda akan mengemis agar pasangan mau tetap bersama Anda. Kemungkinan besar dia tidak akan melakukannya, ” kata Koko. Lagi pula katakanlah mereka melakukannya, tapi apakah hubungan itu akan tetap sama? Jika dia selingkuh, apakah Anda bisa mempercayainya lagi? Pada akhirnya Anda memang harus menerima dan berdamai dengan keadaan.

Melihat pasanga tiba-tiba meninggalkan Anda tentu bukan hal yang mudah untuk diterima. Ini sulit. Tapi ladies, itu bukan berarti tidak bisa diatasi. Seiring waktu justru Anda akan belajar dan menjadi wanita yang lebih kuat. (Jelita)

(Sumber: Huffington Post)

Tags:
0 shares
                            178 Views