pantai-desert-point-lombok-3

Pantai Bangko – bangko, Ombak terbaik nomor 6 di Dunia

Pantai Bangko-bangko merupakan salah satu kawasan pantai dengan pemandangan indah di Nusa Tenggara Barat yang juga cocok dijadikan tempat berselancar, tracking, dan memancing. Kawasan ini terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Salah satu organisasi resmi olahraga selancar dunia menetapkan bahwa keganasan ombak pantai ini yang dikenal juga sebagai “Desert Point” layak masuk 10 besar terbaik, karena tipe ombaknya yang tidak mudah pecah hingga ketepian lalu gulungannya yang dalam, serta tinggi ombak menjadikan tempat ini sebagai yang terbaik nomor 6 di Dunia. Bahkan para peselancar professional dari seluruh dunia berkeinginan mencoba keganasan ombak di pantai Bangko-bangko.

Tidak hanya berselancar, di pantai ini juga terdapat spot memancing. Bagi pecinta alam, terdapat hutan mangrove seluas 2.169 hektare dan ada reruntuhan benteng penjajahan jepang dan meriamnya. Hutan ini juga ada vegetasi alam seperti Pandan Laut (Pandanus Sp) dan Biduri (Calonthlropus Cigantea). Bahkan berbagai jenis tumbuhan juga bisa dijumpai seperti Bajur, Kesambi, dan Waru. Masuk ke dalam hutan, kita akan menemui satwa langka seperti ayam hutan, elang bendol, koakiau, raja udang, dan elang laut. Jika beruntung, Anda akan menjumpai kupu-kupu langka yang dilindungi yakni Trocles helena.

Bagi yang hobi berenang atau snorkling, disana ada tempat yang cukup landai dengan ombak tenang dan pasir putihnya yang lembut serta beragam jenis ikan dan terumbu karang yang masih terjaga, cocok untuk kalian pecinta snorkling.

Pulau Bangko-Bangko terdapat di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, bahkan berhadapan langsung dengan pulau Nusa Penida Bali yang terlihat samar dari garis pantai. Berjarak 70 Km dari kota Mataram, dengan menempuh sekitar 2 jam perjalanan.

ganasnya ombak pantai bangko-bangko
ganasnya ombak pantai bangko-bangko

Penulis           :   Erison

Editor              :  Bagoes Mashudi

0 shares
                            424 Views