otkank2

Otak Anak Membutuhkan 7 Hal Penting Agar Cerdas

Otak Anak Membutuhkan 7 Hal Penting Agar CerdasWartawanita.com – Anak sebagai titipan dari Yang Maha Kuasa hendaknya dapat dijaga dan dirawat sebaik mungkin oleh orang tua. Pada masa perkembangannya anak memiliki masa emas yang biasa disebut sebagai golden age. Pada anak masa golden age ini berkisar antara usia 0 – 6 tahun dimana pada masa inilah anak sangat membutuhkan perhatian penuh dari orangtuanya.

Oleh sebab itulah sebagai orangtua hendaknya jangan pernah melewatkan masa ini karena pada masa-masa ini otak anak harus dilatih secara seimbang, baik otak kanan maupun otak kirinya agar berfungsi secara maksimal. Sebagai mana yang diketahui otak kanan berfungsi untuk daya imajinasi, kreativitas dan jiwa seni. Jika ingin otak kanan anak berkembang dengan baik, sebaiknya orangtua dapat melatih organ-organ tubuh sebelah kirinya. Sedangkan otak kiri berhubungan dengan segala sesuatu yang sistematis, berurutan, contohnya seperti menulis, menghitung, dan membaca.

Agar otak kanan dan kiri anak dapat berkembang sesuai harapan, selain memberikan asupan yang bergizi juga orangtua hendaknya dpat memberikan beberapa stimulus yang dapat mempengaruhi otaknya, seperti :

Memberikan ASI

Air susu ibu atau ASI mempunyai peran yang sangat penting terhadap perkembangan otak anak. Sudah banyak penelitian yang dilakukan tentang ASI yaitu bahwa dengan memberikan asupan ASI yang sesuai maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas. Anak yang diberikan ASI selama dua tahun terbukti lebih cerdas dibanding dengan anak yang diberikan ASI nya hanya sebulan atau dua bulan.  ASI merupakan sumber makanan terbaik untuk anak dan oleh karenanya para ibu hendaknya jangan ragu untuk memberikan ASI eksklusif pada anak.

(Baca juga: Kuasai 5 Bahasa Ini untuk Berkelana Keliling Dunia)

Berikan Makanan dengan Gizi dan Vitamin yang Seimbang

Dalam perkembangannya, otak anak membutuhkan banyak asam amino yang berfungsi untuk pembentukan syaraf serta pembentukan struktur otak. Sedangkan Vitamin B6 sangat dibutuhkan oleh otak anak untuk pembentukan enzim. Selain itu yodium dan zat besi juga sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak anak. Semua akan mempengaruhi rendah tingginya tingkat kecerdasan anak, perilaku anak, mempengaruhi emosi, serta konsentrasi pada anak itu sendiri.

Jadi sebaiknya hindarilah memberi makan anak dengan makanan cepat saji. Jika kebutuhan gizi dan nutrisi anak terpenuhi, maka anak akan berkembang sesuai dengan perkembangan sebagaimana seharusnya serta pertumbuhan mental serta perkembangan motoriknya juga akan berkembangan dengan baik.

Memberikan Altivitas yang Positif

Memberikan aktivitas atau stimulus pada anak sangat diperlukan agar otaknya dapat bekerja secara maksimal. Sebagai langkah awal ajaklah anak untuk berkomunikasi, berbicara, menyanyi, maupun membacakan cerita. Hal ini akan memberikan stimulus pada anak serta memperbanyak perbendaharaan kata pada anak. Melakukan kegiatan yang sederhana, seperti bermain bola dengan melempar dan menangkap, mengajaknya berlari, berenang, akan meningkatkan sistem motorik anak. Kode unik: KLIK di sini

Efek positif dengan mengajak anak berolahraga adalah dapat membuat anak menjadi  lebih percaya diri, berjiwa kepemimpinan, serta dapat bekerja secara tim. Rangsanglah semua indera yang dimiliki anak baik penglihatan, sentuhan, pendengaran, pengecap, membau sejak dini karena hal ini akan mempengaruhi kecerdasan anak.

Belajar Musik

Beberapa peneliti berpendapat bahwa dengan memberikan rangsangan musik sedari kecil pada anak, akan mempengaruhi tingkat IQ anak. Belajar musik juga dapat mengasah otak kanannya dan hal ini sangat berpengaruh pada tingkat IQ dan akademik anak dimasa depan.

Berikan Permainan

Berikanlah mainan untuk anak yang dapat mengasah kreativitasnya seperti menyusun balok, mencocokkan bentuk, memasang puzzle, dan sebagainya karena permainan ini dapat mengasah otak agar dapat berkembang maksimal. Berilah anak permainan pada anak yang bersifat bersifat edukasi serta mampu meningkatkan kecerdasan otaknya.

Kenalkan pada Buku

Sedapat mungkin perkenalkan sejak dini anak dengan buku karena mempunyai hobi membaca akan banyak memiliki manfaat. Selain buku sebagai jendela dunia, buku dapat meningkatkan pembelajaran serta meningkatkan perkembangan kognitif anak. Tentunya, membaca dapat meningkatkan perkembangan otak anak.

Bangun Rasa Percaya Diri dan Kenali Potensi

Selalu ajari anak dengan pelajaran yang berharga, selalu berpikir positif dan mempunyai rasa optimis dan keyakinan, serta percaya diri. Ajak anak untuk selalu dapat mengikuti kegiatan sosial dankegiatan olahraga dalam tim. Jangan batasi potensi diri yang dimiliki anak, selalu dukung setiap kegiatannya. Hal ini sangat penting untuk membantu perkembangan otak anak.

Semoga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas.

(Baca juga: Padupadan Busana ke Kantor Tak Lekang Dimakan Jaman)

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            146 Views