tuffKid

Orang Tua Reaktif Latih Anak Jadi Tangguh

wartawanita.com – Menjadi orang tua yang reaktif berarti menjadi orang tua yang cepat tanggap. Namun, bukan sekadar cepat tanggap alias reaksi cepat setelah terjadi masalah. Reaktif di sini, justru menjadi kunci untuk menghindari atau setidaknya meminimalisasi masalah yang terjadi dalam kehidupan anak-anak.

Orang tua reaktif harus mampu mengasah rasa dan pengetahuannya untuk tumbuh menjadi orang tua yang lebih baik dari waktu ke waktu. Ayah dan ibu senantiasa mengobarkan keeratan pikiran, raga, dan perasaan dengan anak-anak mereka. Setiap waktu. Dengan demikian, bonding orang tua dan anak akan terjaga bahkan menjadi lebih kuat. Dan jika itu terjadi, insya Allah setiap masalah dalam keluarga bisa dihadapi dengan bijak. Tanpa saling menyalahkan, tanpa saling memojokkan.

Di tengah derasnya arus informasi yang masuk ke otak anak dari teman dan internet, orang tua reaktif hendaknya mampu menjadi filter terjernih. Orang tua harus mampu menyaring dan menyampaikan dengan bijak apa yang perlu diketahui anak.

Di tengah maraknya film-film super hero dan jagoan cilik, orang tua reaktif harus menjadi mercusuar yang paling terang. Orang tua harus ‘menerangi’ pikiran anak untuk bisa melihat dan mencontoh pribadi manusia yang wajib menjadi idola semua orang: Rasulullah saw.

Ya, menjadi orang tua reaktif secara otomatis menjadikan orang tua pribadi yang ihsan. Sigap dalam membawa anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            108 Views