Nova Dewi : Jamu is My Life Style - Wartawanita.com

Nova Dewi : Jamu is My Life Style

Nova Dewi : Jamu is My Life Style - Wartawanita.comWartawanita.com – “Nggak mau ah…jamu itu pasti pahit !”, ungkap seorang remaja saat disodorkan segelas jamu beras kencur yang notabene jenis jamu ini tidak pahit. Paradigma inilah yang ingin dipatahkan oleh seorang wanita cantik nan ayu, Nova Dewi, sebagai co-founder yang juga sekaligus penggagas dari sebuah kafe unik bernama Suwe Ora Jamu yang khusus menyediakan minuman kesehatan hasil racikan rempah yaitu jamu.

“Sedari kecil saya sudah dibiasakan untuk minum jamu oleh nenek saya dalam kondisi apa saja. Saat kecil saya sangat jarang untuk dapat menikmati minuman dalam kemasan karena nenek saya sudah langsung menyodorkan segelas jamu racikannya,” kenang Nova sambil tersenyum.

Berdasarkan pengalaman masa kecil itulah yang membuat Nova pada akhirnya menjadikan jamu sebagai life style nya. Nova mulai merasakan efek positif jamu pada tubuhnya dan mempercayai bahwa jamu membuat tubuhnya menjadi lebih segar. Wanita mungil ini ingin mengubah image jamu yang walaupun terbuat dari berbagai macam tanaman rempah-rempah tetapi mempunyai rasa yang tidak pahit.

“Terus terang saya adalah orang yang sangat memperhatikan kebersihan, jadi saat saya pindah ke Jakarta saya sempat mengalami kesulitan untuk meminum jamu yang dijual oleh mbak gendong,” aku Nova sambil tersipu. Kesulitan menemukan jamu yang sesuai untuk dirinya inilah yang membuat Nova mulai mencoba untuk meracik sendiri jamu yang akan diminumnya dengan menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yang ditemukannya di dapur.

Nova Dewi : Jamu is My Life Style - Wartawanita.comKecintaan Nova terhadap jamu sekaligus ingin melestarikan peninggalan nenek moyang membuatnya mempunyai tekat yang kuat untuk mempopulerkan kembali minum jamu di kalangan anak-anak muda yang ‘kekinian’. Ada yang membuat Nova miris dengan gaya hidup anak jaman sekarang yang katanya lebih mengenal dan menyukai minuman bersoda dan tinggi kadar lemak dibandingkan harus minum jamu yang jelas-jelas dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh.

“Saya sangat sadar bahwa untuk melestarikan dan membudidayakan minum jamu ini tidaklah mudah. Ada sebuah kesan pada jamu yang melekat di anak-anak muda yaitu jamu adalah minuman wong tuwo, tapi kalau saya tidak memulai melestarikannya kapan lagi ?” ujar wanita yang mahir meracik jamu dari tangannya sendiri.

Salah satu cara yang Nova gunakan agar jamunya dapat diterima di lidah kawula mudah adalah jamu racikannya ini dapat diminum dalam kondisi dingin dengan beberapa variasi rasa yang cocok di lidah orang kebanyakan. Sebagai riset yang dilakukan Nova terhadap jamu buatannya adalah setiap ada acara meeting teman-teman kerja kantor suaminya, Nova selalu menyuguhkan racikan jamunya sebagai teman saat meeting berlangsung.

Nova Dewi : Jamu is My Life Style - Wartawanita.comSelain membuka kafe jamu, Nova juga membuka khursus untuk siapa saja yang ingin mempelajari dan memahami khasiat jamu. Serta mengajarkan cara-cara memilih bahan yang baik, mengelolanya, dan mengemasnya agar jamu lebih berasa manfaat dan khasiatnya. “Tidak disangka, banyak anak muda yang tertarik. Para konsumen yang datang bukan hanya sekadar memesan, tetapi juga bertanya seputar khasiat di tiap menu herbal yang ada disini,” ujar Nova dengan lega dan dirinya tidak pernah sungkan untuk berbagi ilmu seputar khasiat jamu dan bagaimana meraciknya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            178 Views