mudik1

Mudik Aman Dengan Kendaraan

Mudik Aman Dengan KendaraanWartawanita.com – Mudik sudah merupakan tradisi untuk masyarakat Indonesia terutama para pendatangnya. Persiapan mudik biasanya sudah mulai dilakukan pada H-7 hari menjelang hari raya. Banyak dari para pemudik ini yang memanfaatkan kendaraan pribadinya untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Seperti biasa, para pemudik harus harus bertemu dengan kemacetan yang disebabkan oleh padatnya arus mudik. Bahkan perjalanan ke kampung halaman yang seyogyanya bisa ditempuh selama 12 jam menjelang hari raya bisa ditempuh selama 20 jam ! Jika sudah berhadapan dengan situasi seperti ini maka akan sangat mempengaruhi fisik dan pikiran. Agar kemacetan tidak membuat stamina menjadi loyo, berikut ada beberapa tips yang dapat diterapkan, seperti :

Manfaatkan Teknologi dan Gadget

Era internet seperti sekarang ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Gunakan program seperti Google Map, Waze, Sygic, Wisepilot dan aplikasi lainnya untuk membantu memberikan informasi tentang situasi dan kondisi lalu lintas yang akan dilalui. Aplikasi-aplikasi seperti ini juga dapat membantu untuk menemukan rute alternatif menuju kampung halaman.

Siapkan Beberapa Musik Favorit

Saat terjebak dalam kemacetan, biasanya emosi akan meningkat. Agar tidak termakan emosi, siapkan beberapa kaset atau CD lagu favorit. Pasti suasana hati akan kembali adem setelah mendengar musik favorit.

Siapkan Perbekalan Lebih Banyak

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kemacetan mulai dari kecelakaan, pasara tumpah hingga jalan yang tidak mulus. Kalau kemacetan terjadi di jalan yang ada penduduknya itu tidak menjadi masalah. Masalah terjadi jika kemacetan terjadi di jalan tol dan tempat peristirahatan masih jauh sedangkan waktu berbuka sudah tiba. Oleh sebab itu bawalah perbekalan dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Cek dan Re Cek Kendaraan

Cek kondisi kendaraan dan servis kendaraan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan saat akan mudik. Kondisi kendaraan yang prima tentu akan siap menghadapi kemacetan dan medan yang tidak terduga saat mudik.

Istirahat Sejenak

Perjalanan jauh dan macet tentunya akan membuat fisik menjadi lelah. Jangan teruskan perjalanan, beristirahatlah sejenak agar konsentrasi kembali fokus. Parkirkan kendaraan di tempat-tempat yang sudah disediakan dan aman. Tidurlah sejenak agar mata kembali segar.

Selamat bermudik dan tiba ke kampung halaman tanpa kurang satu apapun.

Kode unik: W#ST94

Tags:
0 shares
                            269 Views