gong_cave

Menikmati keindahan Goa Gong di Pacitan

Pacitan selain memiliki pantai yang indah seperti pantai Klayar yang cukup membuat para wisatawan penasaran , ternyata kota ini juga memiliki tempat wisata lain yang juga eksotis, salah satunya adalah Goa Gong.

Terletak di Pacitan di Jawa Timur, Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Pacitan dan memegang predikat sebagai wisata goa yang terindah se-Asia Tenggara.

Pesona dari Goa Gong bersumber dari panorama keindahan stalaktit dan juga stalagmit yang dapat Anda temui pada saat menyusuri goa tersebut selama kurang lebih 2 jam.

Goa Gong secara administratif berlokasi di Dusun Pule , Desa Bomo , dan berada di Kecamatan Punung , berjarak sekitar 37 km arah barat dari pusat kota Pacitan. Objek wisata goa di Jawa Timur yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan. Sebelah utara adalah gunung Manyar, sebelah selatan gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede, dan sebelah barat adalah gunung Grugah. Keempat gunung ini adalah gunung non-aktif .

Berdasarkan kisah dari masyarakat lokal, Goa Gong menyimpan cerita misteri beraroma mistis. Dinamakan Goa Gong lantaran masyarakat sekitar kerap kali mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa . Gong sendiri adalah salah satu alat musik dalam kesenian gamelan Jawa . Suara seperti gong yang ada dari dalam goa ini adalah hasil pantulan suara dari tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut . Bunyi yang dihasilkan tetesan ini terdengar harmonis dan juga indah.

LADIES MUST READ

0 shares
                            117 Views