Inilah Mengapa Anda Cepat Tua Dibandingkan Teman Anda - Wartawanita.com

Inilah Mengapa Anda Cepat Tua Dibandingkan Teman Anda

Wartawanita.com – Pernah gak sih Anda papasan dengan teman lama di mall atau mungkin waktu reunian dan melihat kalau teman Anda masih kelihatan hampir sama seperti dulu atau malah cepat tua dibandingkan Anda? Kenapa bisa begitu? Menurut sebuah penelitian, itu karena beberapa orang memang berusia lebih tua dari dalamnya.

Temuan dari studi jangka panjang, yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, mengatakan penuaan nyata itu adalah apa yang terjadi di dalam organ tubuh, yang lalu mempengaruhi penampilan Anda.

Sebuah tim peneliti internasional dari Amerika Serikat, Inggris, Israel, dan Selandia Baru telah mengamati lebih dari 950 subjek yang lahir pada awal tahun 1970-an, dan mempelajari 18 faktor biologis yang berbeda yang mungkin berdampak pada proses penuaan.

Mereka mengamati ginjal, hati dan fungsi metabolisme, serta hal-hal seperti kolesterol dan tingkat kebugaran subjek yang berusia antara 26 dan 38 tahun.

Dengan menggunakan langkah-langkah ini, mereka menugaskan setiap subjek usia biologis komposit, yaitu dengan yang “termuda” berusia 30 dan “tertua” adalah 60. Beberapa subjek mengalami penuaan secara normal, dengan laju satu tahun per tahun. Tetapi beberapa dari mereka menua cepat yaitu tiga tahun per tahun kronologis. Selain itu, orang-orang yang lebih cepat menua sering menunjukkan masalah-masalah khusus seperti masalah dengan keseimbangan atau pemecahan masalah.

Kemudian para peneliti meminta mahasiswa Duke University untuk melihat foto-foto subjek berusia 38 tahun dan menebak usia mereka. Nah hasilnya, mereka yang menua lebih cepat atau memiliki bagian dalam yang buruk juga dianggap lebih tua.

“Terdapat banyak pengaruh lingkungan,” kata penulis utama studi tersebut, Dan Belsky dari Duke University’s Center for Aging, dalam sebuah pernyataan. Jadi itu bisa menjadi kabar baik dan kabar buruk, tergantung bagaimana Anda melihatnya. Penuaan tidak dapat sepenuhnya dikaitkan dengan gen Anda.

Namun secara garis besarnya, penemuan tersebut tampaknya menunjukkan bahwa dengan menjaga kesehatan dapat membuat Anda tidak cepat tua, dan tetap terlihat dan merasa muda. (Jelita/ Huffington Post)

Tags:
0 shares
                            153 Views