Menariknya Indonesia di Carnaval Tropical de Paris

Menariknya Indonesia di Carnaval Tropical de Paris

Menariknya Indonesia di Carnaval Tropical de ParisWartawanita.com – Penampilan tim Indonesia dengan 120 personelnya sempat menjadi daya tarik para penonton Carnaval Tropical de Paris di sepanjang jalan Champs Elysees and Arc de Triomphe, Paris, hari Minggu lalu.

Rombongan Indonesia yang terdiri atas diaspora, Asosiasi Franco-Indonesie dan PPI Paris tampil dengan paduan tarian serta musik khas Bali, Kalimantan, Maluku dan Sumatera Utara. Tidak ketinggalan atraksi Pencak silat serta barisan Nusantara dengan pakaian adatnya ikut memeriahkan carnaval ini.

Carnaval tahunan ini yang memang dilaksanakan oleh Kantor Wali Kota Paris dengan tema sport and culture yang diikuti oleh 33 peserta pilihan, 29 Asosiasi Kemasyarakatan di Prancis dan 4 negara, ungkap Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R Kaitjily.

Henry mengatakan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mewakili benua Asia yang terpilih untuk tampil di ajang bergengsi ini. Sedangkan negara lain yang ikut hadir yaitu Colombia, Bolivia, Brasil dan Peru.

Acara Carnaval Tropical de Paris ini mendapat liputan secara langsung oleh berbagai TV lokal di Prancis dan disaksikan oleh lebih dari 25 juta pemirsa dan sekitar 500 ribu masyarakat setempat. Acara ini juga dipadati oleh turis mancanegara yang memadati area Champs Elysees dan Arc de Triomphe.

Antusiasme warga Prancis untuk menyaksikan carnaval tahunan itu dimanfaatkan oleh KBRI Paris dan masyarakat Indonesia di Prancis untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Prancis dan turis mancanegara.

Henry R Kaitjily mengatakan bahwa para penari dan pemusik ini sudah dengan sukarela tampil dan pihak KBRI Paris hanya menyewakan truck, dekorasi, peminjaman pakaian dan musik tradisional serta konsumsi.

Setiap tahun masyarakat Indonesia memang memanfaatkan ajang ini untuk mempromosikan Budaya Indonesia kepada masyarakat setempat dan turis mancanegara di berbagai kota di Prancis yang merupakan ujud kecintaan terhadap Indonesia. “Meskipun tidak didukung oleh Kementerian tetapi warga Indonesia dengan swadaya memberikan yang terbaik,” ungkap Henry R Kaitjily.

Kode unik: KLIK di sini

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            127 Views