Makan Ikan Biar Anak Tidak Kerdil - Wartawanita.com

Makan Ikan Biar Anak Tidak Kerdil

Makan Ikan Biar Anak Tidak Kerdil - Wartawanita.comWartawanita.com – Indonesia kaya akan hasil alamnya berupa ikan, tetapi anehnya masih banyak anak Indonesia yang cebol alias kerdil. Berdasarkan kenyataan itulah, Pemerintah Indonesia mendorong masyarakat untuk meningkatkan mengonsumsi ikan untuk mengatasi masalah kekerdilan (stunting) pada anak guna menurunkan prevalensi balita alami kekerdilan di Indonesia.

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, dalam siaran pers di Jakarta, mengatakan bahwa pentingnya mengonsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi mencegah kekerdilan pada anak. “Masalah stunting ini serius. Bayangkan, dari 10 anak empat diantaranya tidak cerdas. Ini bukan yang kita inginkan. Kita ingin anak-anak Indonesia merupakan anak-anak yang sehat dan cerdas,” kata Nila dalam keterangannya terkait kegiatan Lomba Masak Ikan Nusantara “Menuju Istana”. Kode unik: KLIK di sini

Data pemantauan status gizi (PSG) tahun 2016 menyebutkan bahwa jumlah balita yang mengalami kekerdilan sebanyak 27,5 persen dengan kategori sangat pendek 8,5 persen dan kategori pendek 19 persen. Sedangkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mentargetkan angka adalah di bawah 20 persen. Kekerdilan atau stunting merupakan kondisi di mana perkembangan tinggi badan anak tidak optimal dan berdampak pada kualitas kecerdasan.

Data tersebut juga menyebutkan kasus balita kerdil ditemukan di sebagian wilayah Indonesia, terutama di wilayah Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. “Padahal di sana protein hewani ikan banyak sekali. Mungkin ada budaya yang harus kita cerahkan, ada yang bilang bau anyir lah nanti kalau hamil, lalu ibunya tidak boleh makan apa-apa kalau habis melahirkan,” kata Menkes.

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            115 Views