rempah1

Kulit Mulus dengan Bantuan Rempah Dapur

Wartawanita.com –  Buang jauh-jauh anggapan bahwa untuk tampil cantik harus mengandalkan isi dompet yang tebal. Tanpa disadari banyak ciptaan Yang Maha Kuasa yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan. Walaupun terkesan sepele tapi  ternyata rempah-rempah yang ada di dapur ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit wanita. Ini dia beberapa sumber kecantikan yang berasal dari dapur sendiri.

Hangatnya Merica Hilangkan Komedo

Si imut merica yang memberikan sensasi pedas ketika dikonsumsi ini ternyata juga dapat memberikan efek hangat pada kulit jika dimanfaatkan sebagai scrub. Rasa hangat inilah yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, membersihkan komedo, dan memicu peredaran darah menjadi lebih lancar. Cara membuat scrub merica ini adalah dengan menghaluskannya hingga menjadi bubuk terlebih dahulu. Lalu, campurkan dengan 1 sdm plain yogurt. Oleskan scrub tersebut pada wajah dan diamkan selama 7 menit. Pakailah merica yang memang berbentuk butiran bukan merica yang sudah dijadikan bubuk (kemasan).

Bersihkan Kulit Secara Total dengan Jahe

Jahe dipercaya mempunyai khasiat bagi wanita yang sedang menjalankan program diet. Ternyata jahe mempunyai kemampuan untuk membersihkan kulit secara mendalam, terutama untuk jenis kulit yang berminyak. Bumbu dapur yang satu ini dapat memperlancar sirkulasi pada kulit, sehingga kulit dapat kembali segar dan sehat tanpa menimbulkan iritasi. Cara membuatnya mudah, yaitu langsung saja oleskan irisan jahe ke permukaan kulit yang kotor ataupun berminyak. Diamkan hingga sari-sari jahe tersebut meresap ke dalam kulit selama kurang lebih 15–20 menit. Lalu, bersihkanlah dengan handuk yang sudah diberi air.

Si Kuning Kunyit Menguningkan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika ternyata kunyit menyimpan segudang khasiat bagi kecantikan kulit. Hampir semua produk kecantikan kulit tradisional mengandung kunyit, sebut saja lulur dan masker. Kandungan vitamin C nya yang tinggi berkhasiat untuk menghilangkan kerutan akibat penuaan dan mencerahkan kembali lingkaran hitam pada mata dan kulit yang mengalami pigmentasi. Buatlah masker atau lulur dengan takaran 2 sdm bubuk kunyit, 1 sdm tepung beras, 1 sdm susu segar, dan 1 sdm jus tomat. Balur hingga merata pada wajah, leher, tangan dan kaki. Diamkan selam 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Asin Tapi Ampuh Atasi Tumit Kering dan Pecah-pecah

Selain berfungsi untuk membuat rasa asin dan gurih pada masakan ternyata tekstur garam juga bagus digunakan sebagai scrub badan. Garam mampu mengangkat sel-sel kulit mati hingga bersih serta dapat menghaluskan kembali tumit yang kering dan pecah-pecah. Caranya sangat simpel yaitu cukup menuangkan 2 – 3 sdm garam ke dalam 1 panci air hangat. Rendamlah telapak kaki ke dalamnya dan kemudian gosok menggunakan sikat atau batu apung, lalu diamkan selama 10 menit. Selain itu garam yang dicampur minyak zaitun juga dapat dijadikan scrub untuk kulit kering dan bilas hingga bersih.

Cengkeh Buat Kulit Bebas Bakteri dan Kotoran

Cengkeh sangat bermanfaat sebagai cleanser alami yang dapat membersihkan kulit dari berbagai macam kotoran, sisa makeup, dan bakteri secara mendalam. Kandungan polifenolnya yang tinggi membuatnya ampuh menjadi antioksidan yang baik bagi kulit kita. Jika dibandingkan dengan bumbu-bumbu dapur lainnya, cengkeh ini memiliki kandungan antioksdan yang paling tinggi. Selain itu, aroma khasnya juga berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan.

Bulat Kecil yang Mampu Meredakan Inflamasi Kulit

Jika kulit mengalami inflamasi, iritasi atau peradangan akibat terbakar matahari atau kadas dan dermatitis, segera manfaatkan pala sebagai obat alami untuk meredakan rasa nyeri. Tidak hanya itu, pala ternyata juga ampuh untuk menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat yang mengganggu. Caranya, campurkan bubuk pala dengan dengan 1 sdt madu murni, lalu oleskan pada bekas-bekas jerawat tersebut. Diamkan selama 20 menit,kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka bekas jerawat tersebut akan cepat memudar.

Primadona Dapur Ampuh Jaga Kesehatan Kulit

Bawang putih merupakan primadona di dapur karena semua masakan rata-rata menggunakannya. Bawang putih ini disinyalir mempunyai khasiat menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, meghilangkan komedo, menyamarkan noda bekas luka, bahkan mencegah gejala penuaan. Caranya dengan menghaluskan 1 siung bawah putih, lalu oleskan pada jerawat-jerawat yang meradang dan diamkan selama 10 menit. Sangat disarankan untuk digunakan pada saat malam hari. Jika jerawat tidak terlalu parah, biasanya akan kempes pada keesokan harinya.

Hitam Manis Membuat Wajah Tambah Jelita

Percaya atau nggak manisnya si hitam manis alias gula merah ini dapat menjadikan wajah semakin manis juga. Apalagi jika mempunyai jenis kulit yang berminyak, biasanya ciri-ciri utamanya adalah pori-pori kulit yang tampak besar atau melebar. Jadi, agar pori-pori mengecil kembali, cobalah untuk memanfaatkan scrub dari gula merah ini. Caranya dengan mengiris tipis gula merah dan campurkan dengan madu murni. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang berpori-pori besar dengan sedikit memberikan pijatan.

Jadi mendapatkan kulit wajah mulus alami tidak susah ya.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
0 shares
                            646 Views