gossip_000015790066

Kiat Menghadapi Rekan Kerja yang Nyebelin

wartawanita.com – Di mana pun kita bekerja, biasanya selalu ada tokoh “antagonis” yang menyebalkan. Masalahnya adalah, selama kurang lebih delapan jam sehari dan dalam lima hari dalam sepekan, kita mau tidak mau harus bersinggungan dengan sosok macam begini. Berikut beberapa cara menyiasati keadaan ini tanpa harus menyinggung perasaan orang lain dan yang paling penting agar kehadiran orang tersebut tak lagiĀ  menganggu mood kerja kita.

Jaga Jarak

Bukan hal yang mudah untuk menghindari rekan kerja seperti ini, tetapi Anda harus memberikan jarak pada mereka. Lakukan dengan sopan, berikan senyuman dan perlahan pergi untuk melakukan pekerjaan yang harus Anda selesaikan atau coba alihkan pembicaraan ke hal lain.

Jangan Terlalu Dalam

Sebuah artikel di Harvard Business Review memperingatkan tentang betapa bahayanya terlalu terbuka pada rekan kerja. Berbagi perasaan dan pikiran dengan rekan kerja sangatlah beresiko. Sebab, terlalu banyak memberikan informasi yang bersifat pribadi bisa mengubah pandangan rekan kerja terhadap Anda. Pembicaraan yang aman untuk dibicarakan di lingkungan kerja adalah seputar cuaca saat ini, olahraga ataupun politik.

Jenis rekan kerja yang paling sering ditemui adalah tipe penjilat. Orang tipe ini sangat baik pada Anda, mereka sering memuji dan meminta bimbingan Anda. Namun, tanpa Anda sadari, Anda telah bekerja untuk dia. Hadapi orang ini dengan mengurangi bantuan Anda, tanyakan bagaimana pendapatnya untuk mengatasi hal tersebut tanpa langsung memberi solusi.

Selanjutnya ada tipe tukang Gosip, TipeĀ  ini suka berbagi cerita, mencari berita tentang rekan kerja yang lain, dan seringkali melakukannya di waktu bekerja. Cara menghadapinya orang seperti ini adalah menjaga untuk tidak terlalu terbuka. Hindari cerita yang bersifat pribadi dan bicarakan hal yang seperlunya saja.

Berikutnya adalah jenis manusia yang Kepo. Mereka selalu ingin tahu apa yang Anda kerjakan, bahkan tak jarang mereka berani mengintip ke layar monitor komputer Anda. Coba bicarakan langsung dan katakan secara sopan jika Anda tidak menyukai hal ini, lalu atur layar monitor komputer Anda agar tidak mudah terlihat.

 

Tags:
0 shares
                            276 Views