Kenali Sejak Dini Gejala Umum Depresi

Kenali Sejak Dini Gejala Umum Depresi

Kenali Sejak Dini Gejala Umum Depresi

Wartawanita.com – Depresi merupakan kondisi dimana mood suasana hati sedang menurun drastis dan untuk melakukan aktivitas menjadi tidak semangat. Depresi terjadi akibat gangguan mental yang dapat mengontrol pikiran dan menyebabkan hilangnya nafsu makan, insomnia dan rasa putus asa. Berbagai riset yang dikumpulkan dari berbagai negara mengatakan sekitar 5 hingga 10 persen populasi dunia mengalami depresi.

Kondisi mood yang tertekan atau mengalami depresi tidak selalu merupakan kelainan psikis/kejiwaan. Sangat mungkin itu adalah reaksi normal terhadap peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan seseorang, merupakan gejala dari beberapa kondisi kesehatan, atau efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi dan proses pengobatan yang dijalani oleh pasien. Depresi mood juga merupakan ciri utama atau ciri yang berkaitan dengan gejala gangguan kejiwaan seperti depresi klinis.

Berikut beberapa gejala umum depresi seperti dikutip dari kolomsehat.com
  • Mengalami rasa cemas, sedih dan tidak dapat dikendalikan
  • Mengalami rasa putus asa yang luar biasa
  • Kehilangan energi
  • Cenderung suka merenung
  • Tidak dapat tidur nyenyak
  • Mengalami rasa tidak berdaya
  • Penderitaan secara fisik gangguan pencernaan, sakit kepala dan berbagai beberapa penyakit kronis tertentu

Jika anda sudah mengalami gejala di atas segeralah berkonsultasi dengan dokter, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang sedang dialami dari depresi yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan. Jika diperlukan dokter juga akan merujuk untuk konsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Untuk mengatasi berbagai kendala cobalah dengan reaksi tangan tanpa harus membebani pikiran dan cobalah juga untuk menghilangkan rasa tidak berdaya dan putus asa dari pikiran. Buatlah sebuah target dan tujuan hidup bukan malah merenungi nasib, keluarlah dan bersantai, mendengarkan musik, rekreasi bersama keluarga, jangan bawa kerjaan di kantor ke rumah. Bersikaplah positif merupakan kunci kecerahaan hidup saat ini, telah terbukti bahwa depresi lebih banyak disebabkan oleh kondisi mental.

Kode unik: W#psikologi86

Tags:
0 shares
                            382 Views