thr3

Kelola THR Dengan Bijaksana

Kelola THR Dengan BijaksanaWartawanita.com – Tidak terasa sudah memasuki minggu kedua di puasa. Biasanya untuk para karyawan tidak berapa lama lagi akan menerima yang ditunggu-tunggu yaitu THR atau Tunjangan Hari Raya. Biasanya yang sering terjadi adalah uang THR akan habis seketika untuk membeli kebutuhan berlebaran. Akan tetapi alangkah bijaknya jika uang THR dapat dimanfaatkan dengan tepat untuk keperluan atau kewajiban yang harus dipenuhi.

THR ini sifatnya seperti bonus saja dan bukan rutin seperti gaji bulanan jadi sebaiknya manfaatkan dana ini dengan baik. Berikut ini ada beberapa tips dalam mengelola THR, yaitu :

Sisihkan untuk Zakat

Hal pertama yang wajib untuk dibayarkan dengan THR adalah tentunya zakat atau bersedekah. Sebelum menggunakan THR tersebut untuk keperluan lain-lain, sebaiknya sisihkan terlebih dahulu dana tersebut untuk menolong sesama.

(Baca juga: Tips Tetap Tenang Walau Gaji “NgePas”)

Bayarkan THR untuk Para Pekerja di Rumah

Tentunya di rumah ada orang-orang yang bekerja demi memperingan pekerjaan rumah tangga seperti ART (Asisten Rumah Tangga), supir atau tukang kebun. Mereka adalah orang-orang yang selayaknya mendapat THR demi untuk berlebaran ke kampung halaman. Jadi usahakan hak mereka dapat terpenuhi terlebih dahulu.

Buat Rencana Pengeluaran

Gunakanlah THR dengan bijaksana untuk rencana pengeluaran selama liburan. Ada baiknya uang THR jangan dihabiskan semuanya. Usahakan dapat disisakan sebagian untuk tabungan atau investasi dan sebagainya. Buat rencana pengeluaran dengan membuat daftar mana yang menjadi prioritas utama hingga yang bukan menjadi prioritas.

Jangan Pernah Menggunakan Kartu Kredit Untuk Belanja Kebutuhan Lebaran

Saat-saat ini mungkin sudah ada yang  mulai berhutang belanjaan untuk keperluan berlebaran dengan menggunakan kartu kredit. Bagi yang sudah berutang, mohon distop dulu belanjanya. Hal ini dapat menyebabkan tidak merasakan telah menerima THR. Mengapa ? Karena saat THR datang harus dikeluarkan untuk membayar hutang kartu kredit. Jadi lebih baik gunakanlah dana yang ada untuk berbelanja sesuai dengan kemampuan.

Siapkan Dana untuk Mudik

Jika memang ada rencana untuk pulang ke kampung halaman sebaiknya sisihkan dana untuk biayanya. Ingatlah bahwa ongkos transportasi saat hari raya akan lebih mahal dibanding hari biasa.

Siapkan Dana untuk Membeli Oleh-oleh

Ada kalanya teman-teman di kantor atau tetangga ingin sedikit oleh-oleh dari kampung halaman yang tidak pernah dijumpai. Jadi sisihkan sedikit dana THR yang ada untuk membeli buah tangan dari kampung halaman.

Jadi nanti jika mendapat THR bijaksanalah dalam memanfaatkannya. Kode unik: KLIK di sini

(Baca juga: Sesuaikan Warna Lipstik Dengan Bibirmu)

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            250 Views