Keindahan pulau Enggano di Bengkulu Utara - Wartawanita.com

Keindahan pulau Enggano di Bengkulu Utara

Wartawanita.com – Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Indonesia bagian barat. Nama pulau ini mungkin sedikit terdengar asing, karena memang pulau indah yang satu ini belum begitu terkenal. Pulau Enggano memang belum terekspose dengan baik sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Pulau Enggano termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu. Pulau Enggano adalah salah satu pulau yang terletak pada garis terluar Indonesia di Samudra Hindia Luas wilayah Pulau Enggano mencapai 400,6 km². Pulau Enggano memiliki beberapa pulau-pulau kecil, yaitu Pulau Dua,Merbau, Bangkai yang terletak di sebelah barat Pulau Enggano, dan Pulau Satu yang berada di sebelah selatan Pulau Enggano.

Pantai yang terkenal keindahannya di Pulau Enggano diantaranya adalah Pantai Koomang dan Pantai Humo.

  • Pantai Koomang terletak di ujung utara pesisir pulau enggano. Pantai Koomang merupakan sebuah tanjung yang terdiri dari batuan dan karang-karang. Batuan dan karang tersebut membentuk tebing-tebing yang terjal. Di Pantai Koomang ada sebuah goa yang sangat unik yang terbentuk di salah satu dinding karang, didalamnya terdapat laguna berupa kolam kecil dengan air yang jernih.
  • Pantai Humo menyimpan kekayaan ekosistem laut yang luar biasa. Di sepanjang bibir pantai yang berpasir putih halus ini sobat akan melihat banyak sekali kepiting dan berbagai jenis siput pantai. Selain itu di pantai ini terdapat tubiran, sebutan masyarakat setempat untuk tumpukan karang yang membentuk titian yang memanjang ke laut.

Ombak di Pulau Enggano memang sangat pas untuk surfing. Surfing di Pulau Enggano bisa jadi aktivitas seru yang memicu adrenalin karena ombak Samudra Hindia di Pulau Enggano memang cukup ganas.

Keindahan pulau Enggano di Bengkulu Utara - Wartawanita.com
Goa Bolong, pulau Enggano.

Penulis     :  Erison

Editor         :  Bagoes Mashudi

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            186 Views