melayu1

Kampung Melayu Riwayatmu Kini

Wartawanita.com – Mengapa Kampung Melayu ? Ya, mengapa Kampung Melayu dijadikan sasaran para teroris untuk melancarkan aksi bom bunuh dirinya. Memang sejak kejadian itu beberapa hari yang lalu, Kampung Melayu menjadi perhatian mata seluruh masyarakat Indonesia umumnya dan warga Jakarta khususnya. Terlepas dari kekagetan sebagai warga Jakarta, ternyata Kampung Melayu menyimpan sejarah panjang ibu kota karena Kampung Melayu sudah menjadi wilayah yang populer sejak abad ke-17.

Konon jaman dahulu wilayah Batavia alias Jakarta sekarang ini banyak disinggahi berbagai suku bangsa. Oleh sebab itulah maka banyak wilayah di Jakarta yang dinamai sesuai dengan suku yang mendatanginya seperti Kampung Melayu, Kampung Bugis, Kampung Ambon dan Kampung Makassar dan lainnya.

Jaman dahulu Kampung Melayu merupakan tempat bermukimnya orang-orang Melayu yang dikomandoi Kapten Wan Abdul Bagus. Wan Abdul Bagus merupakan anak dari Encik Bagus kelahiran Patani, Thailand Selatan, yang terkenal sangat cerdas dan sangat mahir dalam mengerjakan tugasnya sebagai pegawai administrasi dan perwira. Memang selama hidupnya Encik Bagus membaktikan dirinya pada Kompeni, dimulai sebagai juru tulis, juru bahasa, bahkan sebagai duta atau utusan. Sebagai seorang laki-laki ia sering terlibat dalam berbagai pertempuran, seperti di Jawa Tengah, pada waktu Kompeni “membantu” Mataram menghadapi Pangeran Trunojoyo.

BACA JUGA:  Tom Hanks dan Meryl Streep Main Film Bareng

Demikian pula pada saat perang Banten, ketika Kompeni membantu Sultan Haji menghadapi ayahnya sendiri, Sultan Ageng Tirtayasa. Waktu menghadapi pemberontakan Jonker, Kapten Wan Abdul Bagus terluka cukup parah. Menjelang akhir hayatnya ia dipercaya oleh VOC untuk bertindak selaku Regeringscommisaris, semacam duta, ke Sumatera Barat.

Tahun 1716 Kapten Wan Abdul Bagus meninggal dunia saat usianya genap 90 tahun. Kedudukannya sebagai kapten orang–orang Melayu digantikan oleh putranya yang tidak resmi, Wan Abdullah, karena ahli waris tunggalnya, Wan Mohammad, meninggal dunia mendahului ayahnya.

Dimasa kini Kampung Melayu  merupakan sebuah nama kelurahan di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Luas kelurahan berkisar 47,83 Ha. Kelurahan ini terdiri atas 114 Rukun Tetangga dan 8 Rukun Warga. Wilayah kelurahan Kampung Melayu berbatasan dengan rel kereta api Kelurahan Kebon Manggis di sebelah utara,  Jl. Sungai Ciliwung, Kelurahan Bukit Duri di sebelah barat,  Jl. Jatinegara Barat dan Jl. Matraman Raya, Kelurahan Bali Mester di sebelah timur, serta Jl. Kampung Melayu Kecil, Kelurahan Bidara Cina di sebelah selatan.

BACA JUGA:  My Baby Keramas Ceria

Kesamaan jaman dulu dan sekarang adalah bahwa Kampung Melayu merupakan daerah yang sangat penting karena merupakan pusat perdagangan dan pusat lalu lintas transportasi yang penting di Jakarta pada masa kini.

Kode unik: KLIK di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            78 Views