Jomblo, Takdir atau Pilihan - Wartawanita.com

Jomblo, Takdir atau Pilihan?

Wartawanita.com – Game over adalah frasa yang sering dilontarkan kepada orang yang mengakhiri masa lajangnya. Berseloroh atau bukan, terikatnya seseorang pada sebuah komitmen relationship, sering diidentikkan dengan berakhirnya era kebebasan. Selamat datang di  dunia rutinitas, kompromi dan sederet persoalan yang menyertainya.  Ah masa sih? Jangan-jangan ini cuma excuse buat mereka yang nggak laku-laku..

Jomblo, Takdir atau Pilihan - Wartawanita.comSecara general, orang yang melajang atau jomblo, bisa dimasukkan ke dalam dua kategori besar. Sengaja menjomblo atau “terpaksa” menjomblo. Golongan yang pertama, yang sengaja menjomblokan diri, biasanya punya banyak alasan untuk tetap sendiri. Meski  secara fisik, psikis dan materi mereka sesungguhnya sudah sangat siap. Ada yang tidak mau terikat, ada pula yang tidak mau karirnya terhambat hanya gara-gara sudah punya pacar, apalagi menikah. Sampai saat ini, mitos ditinggal penggemar setelah menikah sepertinya masih membayangi selebritis tanah air.

Golongan berikutnya adalah mereka yang sebetulnya tidak berniat menjomblo. Not by design. Faktor utama penyebabnya, biasanya,  adalah karena mereka kelewat picky dalam menentukan pasangan. Atau bisa juga lantaran menipisnya “ketersediaan” calon pasangan ideal seiring bertambahnya usia. Jika ditanya, kelompok ini biasanya berkilah dengan kalimat “belum ada yang cocok aja”. Penyebab lain yang tak kalah signifikan adalah pengalaman romansa yang menyakitkan di masa lalu, seperti dikhianati dan atau ditinggal pacar. Masih trauma, ceritanya.

Apapun alasan dan latar belakang seseorang menjomblo, predikat ini memang sempat menjadi trend. Di Bandung bahkan terdapat taman yang didedikasikan khusus untuk para jomblo. Sejumlah website, forum, group di socmed dan aplikasi juga diciptakan bagi mereka yang tidak (mau) punya pasangan ini. Nama yang dipilih untuk mengakomodasi para jomblo ini berinteraksi ini cukup menggoda, mulai dari jomblo.com, Jomblo Ngenes sampai Jomblo Keren. Keberadaan Jones (@JombloNgenes) adalah yang paling fenomenal. Di komunitas ini, sang admin kerap mem-posting kata-kata yang mampu memotivasii para jomblo. Beberapa situs lain dengan embel-embel jomblo ternyata juga berfungsi sebagai  ajang mencari jodoh.

Anyway – terlepas dari dikotomi soal jomblo itu takdir atau pilihan – rasanya tak ada yang salah dengan predikat jomblo. Bahkan untuk alasan tertentu, mereka mestinya bangga dengan status tersebut, lantaran tidak semua orang berani (memutuskan) untuk menjomblo.

Kode unik : KLIK di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            109 Views