Jogging, Olahraga Paling Ideal

Jogging, Olahraga Paling Ideal

Wartawanita.com – Sedang berpikir untuk mulai rutin berolahraga namun masih bingung untuk memilih cabang olahraga apa? Santai, Anda bukan akan mengikuti Olimpiade. Pilih saja yang sederhana dulu, tanpa harus mengeluarkan banyak uang seperti member gym. Karena pada dasarnya olahraga itu adalah soal konsistensi dan bukan gaya. Intinya adalah kita ingin mendapatkan hasil terbaik dari latihan yang kita jalani. Lalu olahraga apa yang terbaik?

Menurut sebuah jurnal Progress in Cardiovascular Disease, ternyata lari adalah olahraga yang dinilai efektif karena berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelari hidup tiga tahun lebih lama dari bukan pelari. Anda tidak harus lari cepat atau lama untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan menurut penelitian ini, mereka yang minum alkohol, merokok, dan gemuk, jika rutin lari maka risiko meninggal berkurang sebanyak 25% hingga 40%.

Menurut penulis jurnal, tidak ada olahraga yang memberikan pengaruh yang sangat besar seperti lari. Satu jam berlari, secara statistik dapat meningkatkan waktu hidup sebanyak tujuh jam. Ini berarti bahwa lari dinilai lebih efektif dibandingkan olahraga lain seperti berenang, bersepeda dan berjalan.

Tentu saja olahraga yang terbaik adalah olahraga yang kita sukai. Namun jika soal keuntungan, lari adalah jawaban yang terbaik. Lari adalah olahraga yang murah, mudah, dan selalu membuat kita energik. Bahkan jika Anda termasuk orang sibuk dan tidak punya banyak waktu, dengan berlari selama 30 menit Anda sudah mendapatkan manfaat yang sama dengan jenis olahraga lain. Menurut Angelique Brellenthin dari Department of kinesiology at Iowa State University, yang juga menjadi salah satu peneliti, lari selama 25 menit itu sebanding dengan berjalan selama 105 menit. (Guardian)

Kode unik: W#kesehatan21

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            151 Views