diskon1

Jangan Tergiur Kata “Discount”

Jangan Tergiur Kata "Discount"Wartawanita.com – ‘Beli yuk, mumpung diskon nih’. Kata-kata inilah yang sering meluncur dari mulut wanita saat melihat spanduk besar bertulisan kata-kata ajakan untuk mampir ke mal karena sedang ada program diskon. Terkadang banyak juga wanita tanpa mempertimbangkan butuh atau tidak yang penting beli dulu karena ada diskon.

Terkadang ada juga pengelola perbelanjaan yang ingin berbuat nakal dan pada akhirnya pembelilah yang kecewa. Pengelola perbelanjaan sering mengiming-imingkan diskon yang sebetulnya pemotongan harga di label sebetulnya adalah dengan menaikan terlebih dahulu harga sesungguhnya. Sebetulnya harganya jadi sama saja dengan tidak diskon. Bagi yang awam dengan harga-harga, pasti akan banyak yang tertipu. Sebaiknya telitilah sebelum membeli, program diskon ini sebetulnya ada polanya, ini dia 5 fakta biar tidak tergiur kata-kata diskon, yaitu :

Rahasia Angka 9

Rahasia angka 9 pada label harga ini sebetulnya berkaitan dengan psikologi harga. Biasanya pembeli mempunyai kecenderungan akan memperhitungkan digit sebelah kiri dibandingkan kanan. Oleh sebab itulah, angka 9 terlihat jauh lebih menarik dari angka 0. Secara psikologi, misalkan harga Rp 99 ribu akan jauh lebih menggiurkan dibanding Rp 100 ribu. Perhatikan, bukankah logikanya sama saja alias tak jauh berbeda?

Rayuan Buy One Get One Free

Dashyatnya kata-kata free membuat yang tadinya tidak berniat belanja menjadi langsung bersemangat untuk berbelanja. Padahal jika diingat-ingat, didunia ini tidak ada konsep gratis ! Ini hanyalah salah satu strategi pemasaran yang akan berdampak pada perilaku pembeli saja. Sekarang ini dengan ramainya toko online juga akan menawarkan jasa yang menggiurkan untuk pelanggannya seperti gratis ongkos kirim.

Disinilah emosi pembeli dipermainkan karena saat pembeli mengetahui bahwa tidak akan mengeluarkan biaya tambahan, hal ini akan memotivasi pembeli untuk melanjutkan proses pembelian lagi dan disini sepertinya pembeli sudah mendapatkan keuntungan yaitu mendapat satu gratisan. Tapi jika diteliti lagi, coba simak harga yang tertera pada produk, seringkali  memang sudah dicantumkan dengan harga yang mahal.

Jebakan 50% + 20%

Pasti tergiur khan dengan diskon 70% ini. Hitungan matematika memang benar penjumlahannya akan menjadi 70% tapi bukan semudah itu yang dimaksud oleh tokonya. Diskon 50% + 20% ini jika ditambahkan keseluruhannya hanya akan menjadi 60% bukan 70% karena perhitungannya adalah diskon 20% baru dipakai setelah diskon 50% nya.

Yuk Buruan Cuman 1 Jam

Gaya diskon seperti ini sudah banyak dipraktekan di pusat-pusat perbelanjaan apalagi jika mendekati momen istimewa misalkan lebaran atau natal. Trik seperti ini ditujukan agar pembeli merasa harus bergegas untuk datang dan jika terlambat maka barang yang diinginkan akan habis. Yakinlah, bahwa stok barang masih tersedia banyak di gudang mal.

Jadi Anggota Dapatlah Diskon

Jebakan diskon ini cukup menarik juga lho !  Potongan harga hanya akan berlaku untuk para pemegang kartu anggota saja. Bagi yang belum menjadi anggota akan tergiur untuk segera mendaftar menjadi anggota. Padahal tanpa disadari, seringkali biaya pembuatan kartu anggota tidak bisa dibilang murah. Supaya tidak langsung tergoda sebaiknya perhatikan dulu seberapa jauh selisih harga yang akan didapatkan. Kalau memang tidak beda jauh, mengapa harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membuat kartu?

Jadi cobalah untuk tidak kalah cerdik dengan penjual dengan cara teliti kembali sebelum membeli.

Kode unik: W#headline69

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            109 Views