Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.com

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan

Wartawanita.com – Rasa lapar datang bukan berarti semua makanan di depan mata wajib disantap ya. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang berefek buruk bagi kesehatan jika di santap saat perut sedang keroncongan, seperti :

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comMakanan Pedas

Terkadang karena sudah terlalu lapar biasanya akan tergoda untuk menyantap makanan pedas. Sebaiknya keinginan itu ditahan dahulu karena mengonsumsi hidangan pedas dengan perut kosong justru akan menimbulkan iritasi pada perut. Hal ini dikemukakan oleh Lisa Ganjhu, MD, seorang ahli Gastroenterologi di NYU Langone Medical Center. Makanan pedas adalah semua hidangan yang mengandung cabe rawit, jalapeño, merica atau bahkan saus pedas.

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comBuah-buahan

Banyak yang masih terkecoh menganggap bahwa kala lapar dapat diganjel dengan buah-buahan sepertia pel atau buah pir. Justru mengomsumsi buah saat lapar tidak akan menghilangkan rasa lapar tersebut. Menurut Tamara Melton, RDN, seorang juru bicara di Academy of Nutrition and Dietetics, dan pendiri serta direktur LaCarte Wellness, di Atlanta, meskipun gula dalam buah dapat dicerna lebih lambat daripada gula di permen karena serat buahnya, namun sepotong buah tidak akan memberikan pengaruh banyak untuk menghilangkan rasa lapar. Oleh karenanya, perlu menambahkan protein yang dapat dicerna secara perlahan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan dapat menekan ghrelin, yaitu hormon yang memberitahu otak untuk tetap makan.

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comSnacks atau Makanan Ringan

Terlepas dari apa yang ingin dipercaya, makanan dengan jumlah 100 kalori tidak mungkin dapat memuaskan rasa lapar, begitu menurut Melton. Makanan seperti kerupuk atau keripik dibuat dengan karbohidrat sederhana dan dapat dicerna dengan cepat sehingga akan cepat kembali terasa lapar. Sebaiknya makanlah makanan dengan jumlah 250 sampai 300 kalori, dengan dicampur karbohidrat dan protein.

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comJeruk, Mint, Saus Pasta dan Kafein

Makanan ini merupakan contoh-contoh makanan yang hanya akan menghasilkan asam di perut. Makanan ini jika dikomsumsi saat lapar justru dapat mengakibatkan iritasi dan pembengkakan dinding perut, begitu menurut Ganjhu. Kafein dapat sangat mengganggu orang-orang dengan gastritis, yaitu radang pada lapisan perut.

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comSushi

Kombinasi nasi putihnya yang hanya sekitar ½ cangkir hingga 1 cangkir per roti, menurut Maria Bella, RD, pendiri Nutrisi Keseimbangan Tertinggi di New York, dan kecapnya menjadikan sushi  merupakan pilihan yang buruk untuk memuaskan rasa lapar yang serius. Beras akan menyebabkan gangguan karena tidak memiliki serat. Sementara kecap, dengan sodium yang tinggi akan membuat rasa haus. “Otak kita bingung membedakan antara haus dan kelaparan, jadi otomatis akan makan lebih banyak padahal sebenarnya yang dibutuhkan adalah air,” tambah Bella.

Jangan Menyantap 6 Makanan ini Kala Keroncongan - Wartawanita.comCocktail

Coktail memang bukan termasuk makanan, namun cocktail dapat menjadi pilihan yang buruk jika diminum dengan perut kosong. Selain akan membuat perut kaget minuman ini justru akan membuat mabuk. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menyebabkan kadar leptin lebih rendah, yaitu hormon yang membuat otak manusia tahu kapan merasa kenyang. 

Jadi sebaiknya pikir-pikir lagi ya untuk mengomsumsi makanan kala keroncongan.

BACA JUGA:  11 Kanker Paling Sering Menyerang Wanita

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            72 Views