dpp_0120-ntb-lombok-danau-segara-anak-kiat-20102014danau-segara-anak

Jalur Favorit Pendaki Nikmati Pesona Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia. Dan tidak sedikit pula pendaki mancanegara yang ingin melihat keindahan pemandangannya.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Ada beberapa jalur pendakian yang biasa dipilih, yaitu Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Biasanya, jalur favorit bagi pendaki adalah Jalur Pendakian Sembalun, karena jalur tersebut cukup mudah dibandingkan jalur pendakian lainnya.

Dalam jalur pendakian sembalun, kita akan melewati padang savana yang sangat luas. Ada 4 pos yang harus dilalui dalam pendakian Gunung Rinjani ini, yaitu pos 1, pos 2, pos 3, dan yang terakhir adalah pos Plawangan Sembalun. Dalam pendakian ini, sangat disarankan untuk membawa air minum secukupnya, karena tidak semua pos yang Anda lewati terdapat mata air.

Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan para pendaki dalam pendakian Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Di sekitar danau ini, biasanya orang melakukan beberapa kegiatan seperti berkemah, berendam di air belerang yang hangat, dan juga memancing ikan.

Penulis : Erison

Editor   : Bagus Mashudi

LADIES MUST READ

0 shares
                            142 Views