pebble-rock

Inner Feng Shui

Inner feng shui muncul sebagai sebuah konsep yang mempunyai cakupan luas. Yaitu konsep yang menghubungkan manusia dengan alam. Namun yang akan dijelaskan di sini adalah salah satu konsep saja yaitu konsep pemberdayaan diri yang disebut sebagai konsep permintaan atau hukum permintaan dan permohonan

Konsep ini didasari atas pola rutinitas harapan-harapan sederhana di atas. Diaplikasikan kepada hal-hal yang jauh lebih luas seperti meningkatkan keberuntungan dan bersinergi feng shui atribut 8 sektor: Kaya, Populer, Harmonis, Sehat, Pendidikan, dll.

Pendekatan dasar Inner Feng Shui adalah:

Berpikir benar, yaitu mengkondisikan pikiran yang mengutamakan pemilihan kata-kata dengan konotasi positif. contoh: saya sukses, saya kaya, saya bisa, saya sehat, dll.

Bersikap benar Adalah mengkondisikan tingkah dan prilaku secara positif. Tidak merendahkan diri. Misalkan berlagaklah sebagai orang sukses kalau ingin sukses. Meniru gerak-gerik seorang bos kalau ingin menjadi bos. Bukan merunduk-runduk hormat yang berlebihan dan meletakkan martabat jauh di bawah apabila menghadap seorang bos. Padahal bersikap wajar saja sudah cukup.

Dan apabila Anda berpikir dan bersikap terbalik dari prinsip dasar di atas. maka maksud untuk meningkatkan diri dengan cara Inner feng shui jadi terhambat. Dan hambatan ini disebut panah beracun dari pikiran dan sikap benar. Panah beracun lainnya adalah:
• Rasa marah
• Rasa benci
• Rasa jengkel
• Rasa putus asa
• Bertindak kasar
• Perasaan takut
• Dll.

Juga hanya dengan menambahkan kata ‘tidak’. kata positif langsung menjadi negatif. Praktisi Inner Feng Shui harus menghindari penggunaan kata-kata negatif tersebut.

Cara kerja Inner Feng Shui adalah mengandalkan 3 macam nuansa pikiran

1. Pikiran sadar adalah kesadaran sehari-hari. Pikiran sadar mempunyai ingatan sementara yang mana dalam kurun waktu tertentu bisa hilang dan terlupakan.

2. Bawah sadar, beberapa pikiran sadar yang penting disimpan di bawah sadar sebagai ilmu pengetahuan yang siap pakai begitu diperlukan. Pikiran bawah sadar mempunyai ingatan yang sangat lama bahkan sampai seumuran manusia itu sendiri. Kalau Anda pernah ingat sesuatu yang kejadiannya puluhan tahun silam, ini datang dari pikiran bawah sadar yang telah disimpan puluhan tahun silam itu.

3. Kesadaran semesta, sedang pikiran-pikiran yang bermuatan. seperti minum air yang sudah dimasak agar sehat disimpan pada kesadaran semesta. Dan pada akhirnya setiap program yang dibuat pikiran sadar atau tanpa sadar dan mempunyai harapan selalu dapat terwujud. Ini terjadi karena alam selalu mencocokkan dengan yang dilakukan manusia sesuai dengan data yang ada.

Proses penyimpanan data tersebut berjalan secara alami karena manusia memiliki filter yang disebut RAS (Reticular Activating System). Kalau hanya pengetahuan biasa disimpan di bawah sadar setelah proses filter penting tidak penting. Sedangkan yang bermuatan harapan baik positif atau negatif diteruskan ke kesadaran semesta.

Contoh:
1. Begitu memerlukan jawaban dari perkalian 4×4, bawah sadar mencari kecocokkan data dan kalau ada Anda menemukan 16

Begitu minum air yang tidak dimasak mungkin sakit. Kenapa sakit, karena disaat yang sama pada saat membuat program ada variabel kebalikan : kalau minum air yang dimasak adalah sehat. Secara default kalau tidak dimasak berarti sakit. Karena bentuk negatif dari sehat adalah sakit.

Tetapi proses ini tidak segampang seperti contoh di atas. Ada tingkat kesulitan yang sangat tinggi untuk dipraktekkan. Terlalu banyak variabel yang terjadi dalam satu menit hidup melek bahkan dalam 1 menit saat tidur.

Emosi adalah salah satu yang mengontrol RAS. Panah beracun termasuk yang bisa mengontrol RAS namun dari sisi negatif.

2. Seringkali kali kita mendengar kata: “Baru saja saya bilang. Belum habis kata-kata saya….” Ini ungkapan yang muncul dari kejadian yang tidak diinginkan.

Muatan dari kata sebelumnya bisa saja bersumber dari ketakutan atau kemarahan. Maka terjadilah yang tidak diinginkan tersebut. Kadang segampang ini untuk hal-hal buruk.

Mengapa hal-hal buruk lebih cepat terjadinya? Ada dua pilihan benar dan salah. Kenapa biasanya salah dulu?

Karena emosi lebih dominan. Kebanyakan dari orang selalu memikirkan sisi negatifnya terlebih dahulu. Nggak begini?. Nggak begitu?. Ini yang salah. Akhirnya menjadi program default pada kenyataan. Gagal dulu baru berhasil. Kenapa tidak berhasil dulu lalu berlipat ganda.

Ada satu latihan sangat penting untuk mengkaji ulang cara kerja pikiran sekarang. Latihan ini akan memprogram ulang pikiran negatif menjadi lebih positif setiap harinya. Maka buktikanlah dulu bahwa pikiran Anda memang bekerja dengan baik sekarang ini. Latihan membuktikan pikiran bekerja dengan benar.

Penulis : Wawan

Editor   : Bagus Mashudi

Tags:
0 shares
                            148 Views