Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.com

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan ?

Wartawanita.com – Menjalani proses melahirkan merupakan suatu hal yang sangat diidamkan oleh seorang ibu. Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga akan menambah kebahagiaan, dan merupakan impian orang tua mana pun. Berbicara soal persalinan, ada banyak cara atau teknik yang dapat dijadikan pilihan seorang wanita untuk melahirkan anaknya. Teknik yang bermacam-macam ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kesehatan ibu dan bayi.

Home Birth

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comMetode home birthing bukanlah hal yang asing bagi orang Indonesia. Hal ini disebabkan karena sejumlah daerah di Indonesia yang terbilang masih cukup sulit untuk mendapatkan atau menjangkau pelayanan kesehatan. Wanita yang tertarik untuk melahirkan di rumah, penting untuk selalu berhati-hati dan pertimbangkan segala risiko dan manfaatnya. Risiko keseluruhan dari home birthing termasuk rendah, namun The American Medical Association And American College of Obstetricians And Gynecologists (ACOG) menentang melahirkan di rumah atas dasar bahwa tampaknya melahirkan di rumah sangatlah rumit dan masih bisa berpotensi terjadinya darurat medis.

Water Birth

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comSistem water birth dipercaya dapat mempermudah proses persalinan. Berada di dalam air hangat dapat meringankan rasa sakit akibat kontraksi. Layaknya mandi air hangat tentunya dapat  membantu meringankan sakit perut atau nyeri punggung. Proses melahirkan dengan water birth ini akan menjalani proses persalinanya di kolam buatan berisi air bersih dan hangat-sekitar suhu tubuh- setinggi pinggang. Umumnya cara ini dilakukan di dalam rumah oleh asistensi bidan khusus water birth bersertifikat. Namun sekarang sudah semakin banyak rumah sakit dan klinik persalinan yang juga menyediakan jasa ini.

Hypno Birth

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comCara Hypno birth akan melatih calon ibu untuk meraih tahap rileksasi total selama proses persalinan. Metode ini akan melibatkan kursus bersama seorang pelatih hypno birth yang bersertifikat untuk melatih latihan hipnosis. Cara ini akan mengeliminasi rasa sakit dan stres dari proses persalinan dengan memusatkan konsentrasi penuh dan kontrol atas tubuh sendiri saat proses berlangsung. Kursus self-hypnosis biasanya akan dilakukan pada saat kandungan berusia 25 – 29 minggu. Pada kursus tersebut akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan dan kelahiran, bagaimana mendalami relaksasi dan self-hypnosis, dan teknik bernapas.

Akupuntur

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comAkupuntur merupakan metode pengobatan tradisional Cina dengan menggunakan jarum-jarum tipis yang ditempatkan secara strategis guna merangsang titik-titik tertentu pada tubuh untuk membantu menyeimbangkan aliran energi alami tubuh, alias qi. Melahirkan dengan bantuan akupuntur dipercaya dapat mempermudah proses kelahiran. Dalam sebuah studi, pasien yang menerima akupuntur akan merasakan rasa sakit ringan yang jauh lebih bisa ditoleransi dan tidak meminta bantuan obat bius epidural. Studi lain juga menyatakan bahwa akupuntur dapat mempercepat proses persalinan segera setelah air ketuban pecah. Selain itu, akupuntur juga dipercaya dapat membalikkan posisi bayi sungsang.

Melahirkan Berdiri

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comCara wanita memposisikan tubuh selama persalinan dan kelahiran dapat membuat perbedaan signifikan. Wanita yang akan melahirkan dapat  beradaptasi dengan proses itu sendiri seperti menghilangkan rasa sakit dan nyeri. Selain itu juga dapat mengantisipasi dan mempermudah wanita menjalankan persalinan, dan apakah terjadi luka sobek selama proses tersebut. Mengubah posisi dan bergerak selama proses persalinan adah trik ideal yang tidak hanya dapat membantu meningkatkan kenyaman dan mengurangi rasa sakit, namun juga memberikan wanita untuk dilakukan di mana saja selama dapat memegang penuh kendali. Mengubah posisi dan tidak bersender pada sesuatu dapat membantu menjaga suplai oksigen yang baik untuk bayi.

Persalinan Normal

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comPersalinan normal merupaka jenis persalinan dimana bayi lahir melalui vagina, tanpa memakai alat bantu. Persalinan normal ini tidak akan melukai ibu maupun bayi, kecuali episiotomi, dan biasanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Persalinan ini membutuhkan tiga faktor penting, yaitu kekuatan ibu saat mengejan, keadaan jalan lahir, dan keadaan janin.

Operasi Caesar

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comOperasi caesar merupakan jenis persalinan yang menjadi solusi akhir, apabila proses persalinan normal dan penggunaan alat bantu sudah tidak lagi dapat dilakukan untuk mengeluarkan janin dari dalam kandungan. Akan tetapi saat ini banyak wanita yang memang sudah merencanakan persalinan caesar jauh-jauh hari sebelum hari H nya. Proses persalinan ini memang akan dilakukan karena kondisi tertentu misalkan ketuban bocor, bayi sungsang,  persalinan bayi kembar atau terjadi komplikasi.

Persalinan Menggunakan Alat Bantu

Inilah yang Wanita Harus Tahu, 5 Metode Melahirkan Mana yang Menjadi Pilihan - Wartawanita.comApabila suatu kondisi menyebabkan janin tidak juga lahir meski sudah terjadi bukaan penuh, sedangkan ibu telah kehabisan tenaga untuk mengejan, maka biasanya dokter akan menanganinya dengan melakukan persalinan menggunakan alat bantu yang disebut vakum dan forsep.

Jadi pilihan yang mana yang akan tepat ?

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            390 Views