Tips Mengatasi Depresi

Tips Mengatasi Depresi

Tips Mengatasi Depresi

Wartawanita.com – Depresi adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami rasa sulit yang melibatkan unsur perasaan sedih, murung, mederita dan kesulitan. Mereka yang mengalami depresi tidak meyadari psikologisnya hingga terjadi tanda-tanda seperti rambut rontok, kurang nafsu makan dan sering melamun. Hal ini akan terus berlanjut jika tak segera diobati. Berikut cara untuk mengatasi depresi, seperti dikutip dari gudangkesehatan.com

1. Berceritalah pada teman

Bila Anda sedang mengalami depresi, anda dapat menceritakannya kepada teman, saudara, keluarga atau bisa juga kepada seseorang yang memiliki dasar agama yang kuat. Dengan bercerita anda mengeluarkan aura negatif yang bersarang ditubuh anda, tetapi berceritalah kepada seseorang yang tepat, dengan kata lain seseorang yang mendengarkan keluh kesal anda dapat dengan sabar mendengarkan curhatan anda, dan tidak cerewet. Karena bukan suatu penyelesaian jika anda curhat dengan seseorang yang memiliki bibir bocor alias tukang gosip. Bila anda takut atau malu untuk curhat kepada seseorang, pastikan anda bisa mencurahkannya melalui tulisan atau  diary, dengan menulis segala curhatan hati kepada selembar kertas secara tidak langsung anda mengeluarkan energy negatif dalam tubuh dan membuang secara sedikit demi sedikit hingga akhirnya sembuh dari depresi.

2. Berdoa

Mendekatkan diri pada Agama adalah salah satu cara yang tepat di balik memperbaiki diri. Selalu berdoa menurut agama masing-masing membuat dampak positif bagi tubuh dan fikiran. Karena penyakit depresi itu sendiri datang dari fikiran, dan mengundang kebaikan dengan cara ikhlas. Ikhlas pun timbul dengan dorongan diri sendiri dan kontak dengan kegiatan kerohanian. Proses berdoa pun memiliki beberapa unsur yaitu meminta, yakin, dan menerima. Ketiga proses ini bukanlah kegiatan yang terpisah, tetapi tiga unsur dalam satu tujuan. Menurut teori,  jika seseorang berdo’a dengan sungguh-sungguh, otak merangsang hormon serotonin dan endorfin yang menyebabkan seseorang merasa diposisi kenyamanan, ketenangan dan secara tidak langsung menimbulkan perasaan bahagia. Dampak pada tubuh adalah sistem imun meningkat, pembuluh darah terbuka, detak jantung menjadi stabil, sehingga dampak dari luar membuat emosi menjadi stabil.

3. Menyibukkan Diri

Depresi merupakan penyakit yang timbul dari diri anda yang harus ditemukan solusinya. Karena depresi bukan hanya penyakit dari otak, melainkan pola pikir. Menyibukan diri adalah salah satu cara untuk mengatasi depresi, terutama untuk memberikan kebahagiaan-kebahagiaan bagi orang-orang disekitar anda. Depresi tidak hanya dialami seseorang dimasa tua, tetapi untuk remaja pun terkadang mengalami tingkat depresi yang lumayan berat, tetapi hal itu adalah sebuah jalan seseorang untuk menjadi lebih baik. Membuka diri dan menerima pendapat baik dari semua orang dapat memperbaiki hidup anda. Bentuk suatu kepribadian yang lebih positif disetiap masalah akan menjadi solusi agar masalah yang sama tidak kembali mendatangi Anda.

Kode unik: W#psikologi56

Tags:
0 shares
                            194 Views