Ingin Tahu Batik Asli atau Palsu, Ciumlah Aromanya - Wartawanita.com

Ingin Tahu Batik Asli atau Palsu, Ciumlah Aromanya

Ingin Tahu Batik Asli atau Palsu, Ciumlah Aromanya - Wartawanita.com
Batik tulis membutuhkan waktu pengerjaan yang lama

Wartawanita.com – Batik merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia yang dari jaman dahulu hingga sekarang keberadaannya selalu dijaga. Sejalan dengan perkembangan jaman dan mengikuti  fashiona yang berkembang maka mulai banyak beredar batik yang merupakan hasil pabrikan padahal jaman dahulu batik merupakan hasil karya tangan manusia tanpa bantuan mesin. Inilah yang dinamakan batik tulis.

Agar dapat memahami apakah batik yang akan dibeli adalah batik asli atau palsu, salah satu caranya adalah dengan mencium aroma kain batik itu sendiri, selain :

Ciumlah Aroma Kain

Percayakan indra penciuman untuk merasakan aroma yang muncul dari kain. Kain batik yang asli akan menggunakan lilin dan tentunya akan tercium aroma lilin dari permukaannya. Sedangkan kain batik print yang akan tercium adalah bau tinta sablon atau bahkan sudah tidak memiliki bau lagi karena aroma bahan kimia biasanya hilang pada proses pencucian. Lilin yang ada pada batik asli terbuat dari bahan natural yang di ambil dari daun dan pepohonan sehingga mempunyai bau yang khas dan tahan lama.

BACA JUGA:  Wardah Fashion Award, Ajang Menjaring Bibit Fashion Designer Muda
Lihatlah Sisi Depan dan Belakang

Perhatikan dengan seksama sisi depan dan belakang kain batik. Batik yang asli mempunyai motif dan warna yang sama dengan sisi luarnya. Sedangkan kain bermotif batik alias print, jika dilihat motif dan warnanya jauh berbeda dengan sisi luarnya. Seyogyanya batik yang melewati proses pencantingan ataupun pengecapan dengan menggunakan lilin akan tembus ke kain bagian belakang.

Rabalah

Gunakan indra peraba dan rasakan dengan seksama perbedaan batik asli dan palsu. Kain batik asli biasanya halus dan mudah jatuh. Sedangkan kain batik yang palsu lebih cenderung kaku karena pewarna atau tinta yang meresap ke celah-celah benang membuat kain lebih kaku. Gunakan kesensitifan telapak tangan untuk membedakan batik asli dan palsu, batik asli yang menggunakan lilin coraknya akan timbul ke permukaan kain batik. Jadi ada perbedaan kontur antara lilin dengan kain yang menjadi dasarnya. Sedangkan batik print nyaris tidak memberikan perbedaan kontur antara corak dengan kain karena corak meresap pada kain.

Palsu Justru Rapih

Biasanya kain print yang diklaim sebagai batik ternyata justru akan menghasilkan motif yang lebih rapi dari batik aslinya. Batik buatan tangan baik dicap maupun tulis memang tidak akan dapat serapi jika di print. Kain batik print karena dikerjakan oleh mesin maka akan lebih presisi dari garis dan warnanya, sedangkan batik asli justru ketidakrapihannyalah yang menjadi seninya.

BACA JUGA:  Trik Agar Bibir Makin Seksi
Terukur dari Harganya

Sudah pasti batik asli akan mempunyai harga yang lebih mahal dari batik buatan pabrik. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesulitan pembuatan batik asli yang memakan waktu yang cukup lama. Proses pembuatan batik yang sesungguhnya dimulai dari menyiapkan lilin dan kain, kemudian pembatikan itu sendiri dilanjutkan dengan pencelupan lalu penjemuran. Sedangkan pembuatan batik print maupun sablon relatif cepat karena motif yang ada di aplikasi langsung diterapkan diatas kain, apalagi jika menggunakan print, dalam waktu singkat berlembar-lembar kain dapat langsung jadi. Satu lagi keistimewaan batik asli adalah tidak akan menemukan banyak motif yang sama di pasaran.

Yuk pilih-pilih batik.

LADIES MUST READ

Tags:
2 shares
                            71 Views