Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.com

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa !

Wartawanita.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir sebagian wanita pernah melakukan program-program yang yang berhubungan dengan kecantikan. Misalkan,  waxing atau mencabut bulu tubuh dan sebagainya. Wanita dapat dengan rela menderita rasa sakit yang penting dapat tampil cantik ! Harus wanita ketahui adalag bahwa tidak semua tren kecantikan akan berefek baik, karena bisa jadi justru mengancam kesehatan.

Berikut ini beberapa tren kecantikan terbaru yang sebenarnya berbahaya dilakukan karena dapat berdampak negatif, seperti :

Tanning

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comMelakukan program tanning sesungguhnya dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan. Wanita terutama remaja di Amerika sering nekat melakukan program ini agar mendapat kulit coklat. Tanning bed dan sunlamps dapat memancarkan sinar radiasi ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit. Inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini kulit, kulit terbakar, kerusakan mata, dan kanker kulit.

Selain itu terlalu sering terpapar sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kecanduan tanning. Sebuah penelitian pada tahun 2010 di jurnal Clinical and Experimental Dermatology menemukan bahwa wanita dan orang-orang yang mulai tanning di usia remaja lebih rentan untuk mengembangkan keinginan kompulsif untuk tanning.

Kepang dan Tenun

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comWalaupun memberi kesan cantik di kepala ternyata melakukan kepang atau menenun justru memberikan kontribusi untuk kerontokan rambut permanen.  Jenis kerontokan rambut dapat menyebar keseluruh kulit kepala. Sebuah survey pernah dilakukan pada 326 wanita Afrika – Amerika tentang keluarga mereka dan sejarah rekam medis sekaligus kebiasaan perawatan rambutnya. Dermatologist kemudian melakukan pemeriksaan kulit kepala dan menemukan bahwa hampir 60% wanita yang melakukan kepang mengalami tanda-tanda kerusakan rambut lebih cepat.

Tato di Tubuh

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comTernyata jumlah tato seseorang sangat berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit hepatitis C. Penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan sebuah jarum yang digunakan untuk membuat tato akan terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi.
Wanita yang melakukan tato pada kulit tubuh mereka akan rentan terhadap infeksi kulit, pembengkakan kulit, dan rasa nyeri. Selain itu, pewarna tato yang berwarna merah, hijau, kuning, dan biru dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit, seperti gatal di lokasi tato.

Botox

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comSeyogyanya suntikan botok dimaksudkan untuk lebih mengencangkan kulit. Botok merupakan obat toksin botulinum tipe A yang berfungsi untuk melemaskan otot selama beberapa bulan. Toksin ini diproduksi oleh Clostridium botulinum, bakteri yang menyebabkan botulism, penyakit yang jarang namun berakibat sangat serius. Meskipun suntikan botox aman, efek samping dan komplikasi dapat terjadi, termasuk rasa sakit dan memar di tempat suntikan, sakit kepala, mual, dan kelemahan otot sementara.

Lensa Kontak Pelebar Mata

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comMenurut beberapa ahli, lensa kontak yang membuat mata terlihat lebih besar justru dapat menyebabkan masalah penglihatan yang serius. Pemakainya dapat mengalami risiko cedera mata yang signifikan, bahkan kebutaan ! Sesungguhnya lensa jenis ini belum mendapat persetujuan dari FDA dan penjualannya masih ilegal di AS. Namun, lensa tersebut telah populer di kalangan gadis remaja.

Krim Pemutih Kulit

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comMenurut FDA, beberapa produk kosmetik, termasuk krim pemutih kulit mengandung kadar merkuri yang tinggi. Merkuri yang digunakan dalam krim pemutih kulit berfungsi untuk menghambat produksi pigmen melanin pada kulit.   Tingginya kadar merkuri juga sering ditemukan pada sabun, lotion, dan produk anti penuaan. Paparan merkuri dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius seperti merusak ginjal dan sistem saraf, mengganggu perkembangan otak pada anak-anak, bahkan ketika masih dalam kandungan dan anak yang sangat muda.

Obat Pelurus Rambut

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comPada produk obat pelurusan rambut tertentu mengandung berbagai bahan kimia tingkat tinggi yang berbahaya seperti formaldehida.
Formaldehida adalah gas berbau tajam yang dapat mengiritasi mata dan hidung serta menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit dan gatal, serta masalah pernapasan seperti asma bila terhirup.

Korset Pelangsing Pinggang

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comPara wanita biasanya banyak memilih korset era Victoria untuk mengurangi ukuran pinggang wanita dengan siluet jam pasir yang sempurna. Sebetulnya para ahli tidak yakin bahwa korset ini memiliki efek langsung atau membuat pinggang menjadi ramping, sehingga membahayakan tubuh. Jika korset dipakai terlalu ketat dapat menyebabkan ketidaknyamanan, kesulitan bernapas, nyeri ulu hati, dan refluks asam lambung.

Pemasangan Bulu Mata Palsu

Ingin Cantik Tapi Kebablasan, 9 Trend Kecantikan Wanita ini Justru Sebetulnya Menyiksa - Wartawanita.comPemanjangan bulu mata memang dapat menghemat uang dibanding menggunakan maskara setiap hari. Tetapi wanita melupakan efek samping pemanjangan bulu mata ini yang lebih berbahaya yaitu akan berakibat permanen, yakni mengubah warna bola mata. Efek samping lainnya adalah gatal di mata atau mata memerah. Selain itu, iritasi mata, kekeringan pada mata dan kemerahan pada kelopak mata.

Cantik boleh-boleh saja asalkan jangan melupakan kesehatan.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            155 Views