pulau-anambas

Indahnya Wisata Pulau Anambas di Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Tiongkok Selatan antara Malaysia Timur dan Barat dan Kalimantan. Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau.

Keindahan Pulau Anambas mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta snorkeling. Biota bawah laut yang ada di sekitar kepulauan Anambas sudah sangat terkenal keindahannya bahkan sampai ke penjuru mancanegara.

Anambas sendiri merupakan sebuah kepulauan dengan gugusan pulau-pulau yang lumayan banyak. Ada sekitar 255 pulau yang termasuk ke dalam Kepulauan Anambas. Dari 255 pulau tersebut hanya 26 pulau saja yang dijadikan pemukiman penduduk

Salah satu pulau yang menjadi primadona di Anambas adalah Pulau Bawah. Bahkan pada tahun 2012 lalu salah satu portal berita internasional mengangkat Anambas sebagai peringkat satu dalam daftar pulau tropis paling indah se-Asia, mengalahkan Koh Chang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Halong Bay (Vietnam) dan Similan (Thailand).

Di Anambas juga ada Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas. Pulau Durai juga disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan Pulau Penyu. Hal ini disebabkan karena pulau ini merupakan habitat alami bagi kehidupan spesies Penyu Belimbing dan Penyu Sisik.

Anak Penyu di pulau Durai, Anambas
Anak Penyu di pulau Durai, Anambas

Penulis    :  Erison

Editor        :  Bagoes Mashudi

LADIES MUST READ

0 shares
                            178 Views