An Inconvenient Sequel – Truth to Power

An Inconvenient Sequel – Truth to Power : Misi Untuk Tingkatkan Kesadaran Tentang Perubahan Iklim

Wartawanita.com – Beberapa dekade terakhir, isu perubahan iklim merupakan isu yang cukup sering didengungkan oleh negara-negara maju. Bahkan negara berkembang juga mulai ambil bagian dalam pengurangan emisi karbon, sebagai langkah dukungan terhadap gerakan pencegahan pemanasan global.

Banyak tanda yang sudah dirasakan langsung karena efek pemanasan global, mulai dari naiknya ketinggian air laut, semakin tipisnya es di Greenland, sampai dengan naiknya suhu udara yang cukup ekstrim di beberapa negara. Apalagi masalah perubahan iklim merupakan masalah yang komplek untuk diselesaikan oleh satu negara. Untuk itu, pada akhir tahun 2015 lalu, PBB menyelenggarakan KTT Perubahan Iklim di Paris, Prancis.

Guna mendorong momentum Kesepakatan KTT Perubahan Iklim Paris 2015 yang juga dihadiri Presiden Jokowi itu, Al Gore yang merupakan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat membuat film dokumenter dengen judul An Inconvenient Sequel : Truth to Power, yang merupakan kelanjutan sekuel dari film An Inconveninent Truth yang pertama dirilis pada tahun 2006.

An Inconvenient Sequel - Truth to Power : Misi Untuk Tingkatkan Kesadaran Tentang Perubahan Iklim - Wartawanita.com
Jika pada An Inconvenient Truth yang pertama Al Gore dengen gayanya yang menarik, berhasil meyakinkan masyarakan bahwa pemanasan global itu nyata, penyebab utamanya adalah manusia, dan pengaruhnya sangat dasyat jika tidak segera disikapi. Pada An Inconvenient Sequel : Truth to Power yang baru rilis 2017 ini, lebih membangkitkan semangat dan menunjukan seberapa dekat kita dengan revolusi energi sejati, dan menceritakan perjuangan yang tak kenal lelah berkeliling dunia melatih pejuang iklim.

Tujuannya adalah untuk menyadarkan masyarakan tentang bahaya penggunaan energi berbahan fosil dalam jangka panjang dan beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Al Gore juga berharap dengan data-data yang dia milik bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan iklim Internasional. Banyak momen-momen pribadi maupun publik yang lucu dan getir, saat dia mengejar gagasan inspirasional bahwa walaupun beresiko tinggi, bahaya perubahan iklim dapat diatas dengan akal dan semangat manusia.

Pada film ini digambarkan pada KTT Perubahan Iklim Paris 2015, India menolak untuk menggunakan bahan bakar ramah lingkungan, seperti bahan bakar tenaga matahari. Dengan dalih tidak adanya anggaran untuk pengembangan, Amerika Serikat melakukan negosiasi alot dengan India untuk sepakat dalam tujuan ini. Dibantu SolarCity, perusahaan penyedia energi tenaga matahari asal Amerika, akhirnya India berhasil menyetujui persetujuan KTT Perubahan Iklim Paris 2015. Masyarakat dunia kita akan belajar bagaimana negosiasi antara Amerika Serikat dengan India yang menghasilkan kesepakatan bersama itu.

“Fight Like Your World Depends On It”
– Al Gore

Guna menyebarkan kesadaran soal pemanasan global di Indonesia, The Climate Reality Project Indonesia dan para mitranya, bekerja sama dengan Paramount Pictures mengadakan pemutaran perdana film An Inconvenient Sequel: Truth to Power.
Pemutaran perdana film ini di Jakarta dihadiri oleh berbagai kalangan muai dari artis, komunitas film, ilmuwan, pejabat pemerintah, mahasiswa, dosen, perusahaan swasta, BUMN, aktifis dan jurnalis.

The Climate Reality Project Indonesia juga menghimbau BUMN dan Sektor Swasta untuk menyelenggarakan pemutaran film An Inconvenient Sequel : Truth to Power bagi karyawan, relasi dan mahasiswa di berbagai kota di Indonesia serta memberi buku dengan judul yang sama kepada para pemangku kepentingan, terutama perpustakaan berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Penyebarluasan buku dan pemutaran film, diharapkan akan menciptakan gebrakan seputar isu perubahan iklim global, dampaknya, dan bagaimana menangani masalah ini.

Pada buku yang baru diterbitkan dengan judul sama, Al Gore mengumpulkan penelitian mutakhir dari para ilmuan terkemuka di seleuruh dunia, ditambah cerita pengalaman dan hasil pengamatan pribadi yang dilengkapi dengen lebih dari 200 foto dan ilustrasi visual, untuk mendokumentasikan pemanasan global secara luas.

Pembina Climate Reality Indonesia, Dr. Kartini Sjahrir mengatakan,
Kegiatan ini, adalah kesempatan berharga untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mempercepat solusi global terhadap krisis iklim dengen melakukan aksi yang dibutuhkan di setiap lapisan masyarakat”.

An Inconvenient Sequel – Truth to Power TRAILER
Detail film An Inconvenient Sequel – Truth to Power :
Judul Film : An Inconvenient Sequel – Truth to Power
Genre : Dokumenter
Distributor : Paramount Pictures
Tanggal Tayang : 25 Agustus 2017
MPAA Rating : PG
Durasi : 1 Jam 38 Menit

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            343 Views