q

Hindari Minum Teh Setelah Makan

 

Hindari Minum Teh Setelah Makan

Wartawanita.com – Rasanya belum pas kalau sehabis makan tidak ditemani dengan segelas teh. Baik itu es teh maupun teh hangat. Kebanyakan dari kita memang mempunyai kebiasaan untuk bersantap harus ditemani dengan segelas teh. Walaupun teh dipercaya mempunyai kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, tapi tetap harus waspada ya terhadap teh apalagi saat diminum setelah makan.

Ada beberapa dampak negatif minum teh saat makan yang harus diwaspadai, seperti :

1. Teh Menghambat Penyerapan Zat Besi

Memang menyegarkan rasanya saat santap siang dengan berbagai lauk ditemani oleh segelas teh. Tapi hati-hati ya karena teh justru dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh adalah zat besi. Jika minum teh langsung setelah makan atau di sela-sela makan, maka hal ini akan dapat menghambat jalannya zat besi di tubuh kita.

2. Teh Menyebabkan Anemia

Seperti yang sudah kita ketahui, anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Bagi wanita hamil jadi sebaiknya berhati-hatilah saat sedang menikmati makan sebaiknya jangan ditemani dengan teh. Jika ibu hamil terlalu banyak minum teh setelah makan maka akan terasa cepat lelah dan sakit kepala, hal ini tentunya akan berimbas pada kesehatan jabang bayi yang sedang dikandungnya.

3. Teh Mengurangi Biovailabilitas Katekin

Mulai saat ini cobalah untuk tidak terlalu sering menjadikan teh sebagai teman makan kita. Minum teh secara berlebihan apalagi di saat menyantap makanan besar akan  menyebabkan kurangnya bioavailabilitas katekin pada tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam teh terdapat senyawa yang dapat menganggu fungsi vital semua fisiologis tubuh.

4. Teh Membuat Resiko Bayi Lahir Cacat

Penting diperhatikan pada ibu yang sedang mengandung ! Ibu hamil yang rutin selalu minum teh apalagi saat makan akan memberikan dampak buruk bagi janinnya. Kemungkinan terjeleknya adalah bayi lahir dalam kondisi cacat.

Memang akan banyak kasus bayi lahir dengan cacat tapi khusus untuk ibu hamil yang mempunyai hobi minum teh setelah makan akan menyebabkan jabang bayi lahir dengan kondisi neural tube defects alias terjadinya cacat di bagian otak dan tulang belakang. Hal ini berhubungan dengan penyerapan zat besi yang tidak sempurna tadi.

Tentunya hal ini sangat tidak diharapkan oleh para ibu bukan ?

5. Teh Sebabkan Depresi Pasca Melahirkan

Selain resiko pada bayi, minum teh terlalu sering sehabis makan akan menyebabkan terjadinya postpartum depression yaitu rasa depresi pada ibu setelah melahirkan.  Anemia dan kekurangan zat besi menjadi penyebabnya.

6. Teh Justru Menyebabkan Dehidrasi

Es teh manis memang sangat menggoda dengan tawarannya yang menyegarkan apalagi disaat santap siang atau malam. Jangan terkecoh dengan kesegaran yang diberikan oleh teh karena sifatnya hanyalah sementara. Minum teh justru akan memicu rasa haus dan dehidrasi setelahnya karena dipicu oleh sifat daun teh kering yang sifatnya diuretik.

Minum teh memang tidak dilarang asalkan mengkomsumsinya tidak terlalu sering. Apalagi bagi wanita yang sedang mengandung sebaiknya sementara menghindar untuk minum teh. Pilihan terbaik adalah minum air putih jauh lebih tepat untuk dikomsumsi untuk menemai acara makan kita.

Kode unik: W#kesehatan04

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            140 Views