tidur2

Hati-Hati Ladies, Kurang Tidur Bikin Badan Melar Ternyata Ini Penyebabnya

Wartawanita.com – Aktifitas sehari-hari pasti tak lepas dengan tidur dimana bisa dilakukan kapan saja baik siang, sore, sampai malam. Setiap orang membutuhkan tidur dengan porsi 8 jam perharinya untuk memberi efek baik pada metabolisme tubuh. Banyak wanita tidak menyadari bahwa kebiasaan tidur tersebut bisa memberi efek kurang baik berupa bertambahnya berat badan sehingga mampu memicu penyakit lainnya seperti diabetes.

Banyak pertanyaan muncul dibenak para wanita dimana apa saja penyebab dari kekuarangan tidur bisa memberi efek buruk terutama naiknya berat badan. Banyak pakar kesehatan memberi tanggapan bahwa porsi tidur setiap hari akan mendukung kinerja metabolisme, tetapi jika porsinya kurang maka akan memicu naiknya berat badan. Agar kamu lebih jelas mengenai faktor pencetus dari bertambahnya berat badan akibat kurang tidur, berikut akan diulas secara lengkap mengenai faktor pencetusnya.

Berubahkan Komposisi Hormon

Seperti kita tahu untuk menjalankan metabolisme tubuh tetap stabil maka diperlukan keseimbangan hormon yang baik. Beberapa penelitian memberi keterangan bahwa tidur di bawah 7 jam sehari bisa membuat hormon tidak imbang sehingga dari dua jenis hormon yakni ghrelin dan kortisol akan terganggu. Dari hormon kortisol sendiri akan meningkat kemudian bisa mengacaukan nafsu makan sehingga tubuh akan terasa sering lapar meski sudah makan. Dari jenis hormon ghrelin juga meningkat sehingga dari nafsu makan akan terus bertambah.

Menurunnya Kinerja Metablolisme Tubuh

Komposisi tidur memang sangat penting untuk memperlancar metabolisme tubuh. Jika kamu kurang tidur maka kondisi metabolisme tubuh akan terganggu bahkan bisa menurun sehingga proses pembakaran kalori dan lemak semakin lambat bahkan dari proses penurunan berat badan akan semakin lambat. Maka dari itu kamu harus menambah porsi tidur untuk mengurangi potensi menurunnya metabolisme tubuh.

Munculnya Sifat Malas

Tidak bisa dipungkiri jika kamu kekurangan jam tidur maka tubuh akan kekurangan energi. Rasa malas menjadi efek samping jika kamu kekurangan jam tidur. Maka dari itu dari sifat malas tersebut akan memberi efek berupa meningkatnya berat badan secara cepat.  Efek buruk dari kurang tidur akan menjadi kendala besar jika kamu tidak memiliki rutinitas yang membuat tubuh terus bergerak maka berat badan akan meningkat dalam waktu cepat.

Cenderung Memilih Makanan Yang Buruk

Jika kamu begadang pastinya rasa lapar akan muncul di jam-jam tertentu terutama dini hari. Akibatnya makanan ringan dengan komposisi bahan tidak jelas menjadi pengganjal perut atau dari sisi jenis minuman juga semakin kacau karena kamu akan cenderung memilih minuman bersoda ataupun berkafein. Kandungan gula dari cemilan dan minuman bersoda akan memberi efek buruk kepada tubuh sehingga timbunan lemak bisa terus bertambah bahkan sangat sulit untuk menguranginya.

Meningkatnya berat badan akibat kurang tidur masih bisa diatasi dengan mengatur jadwal kerja ataupun memberi patokan jam istirahat. Minimal tidur selama 8jam perhari sudah cukup membantu kinerja semua organ tubuh, akan tetapi jika terpaksanya kamu kerja lembur maka dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi makanan alami berupa buah-buahan ataupun minum air putih.

Manfaat dari buah-buahan tentu tidak mempunyai efek samping bagi tubuh, maka dari itu banyak pakar kesehatan menyarankan setiap orang yang lembur wajib konsumsi buah. Dari minumannya juga lebih alami seperti air putih karena mampu memperlancar metabolisme tubuh meskipun dari porsinya harus lebih banyak. Ladies harus memahami pentingnya istirahat malam, jangan terlalu berlebihan dan jangan kurang, usahakan porsinya seimbang.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
0 shares
                            233 Views