Duh! Inilah Generasi yang Paling Kesepian, Menurut Riset - Wartawanita.com

Duh! Inilah Generasi yang Paling Kesepian, Menurut Riset

Wartawanita.com – Sebenarnya yang namanya kesepian bisa terjadi sama siapa saja, tak perlu melihat generasinya apa. Tapi kalau mau dibanding-bandingkan, menurut sebuah penelitian baru, post-millennial adalah generasi yang paling kesepian.

Penelitian ini dilakukan oleh perusahaan asuransi kesehatan Cigna, yang mensurvei 20.000 orang Amerika yang berusia 18 tahun ke atas. Kelompok termuda, yaitu berusia antara 18 dan 22 tahun, dilaporkan merasa terbelakang dibandingkan generasi yang lebih tua, dan ini termasuk mereka yang berusia di atas 72 tahun.

Generasi ini juga diiuluki Generasi Z. Kumpulan anak muda ini mencapai skor kesepian sebanyak 38, sedangkan skor rata-rata orang Amerika yaitu 44, dengan usia 20 hingga 80.

Sementara itu hampir separuh orang Amerika yang disurvei, 46 persen dilaporkan kadang merasa kesepian kadang selalu, dan satu dari empat merasa kalau tidak ada orang yang memahaminya.

Berdasarkan laporan yang sama, alasan itu terjadi adalah karena kurangnya koneksi fisik. Lebih jauh ditelaah, setengah dari responden yang tidak pernah memiliki “interaksi pribadi” memiliki kondisi kesehatan yang biasa atau buruk. Ini bertolak belakang dengan 12 persen responden yang memiliki interaksi pribadi setiap harinya.

Duh ini miris ya… padahal nih miliaran orang di seluruh dunia sekarang punya akses ke akun media sosial, dan ini terobosan masyarakat kontemporer yang paling terhubung yang pernah ada. Tapi sayang, justru epidemi kesepian malah menyerang hingga seluruh belahan dunia.

Ini tentu berita buruk, mengingat rasa kesepian atau isolasi sosial ini memiliki dampak serius, seperti kesehatan mental dan fisik yang buruk. Mereka yang tidak punya kelompok sosial yang penting ternyata enam kali lebih mungkin menjadi pengguna layanan kesehatan loh dibandingkan mereka yang punya tiga atau lebih kelompok sosial. (Jelita/ Indy100)                                                                                                         

Tags:
0 shares
                            41 Views