resize-img-php

Fakta Unik Seputar Bunga Matahari

Tidak ada yang menyangkal bahwa bunga matahari adalah salah satu jenis bunga yang paling indah di dunia. Melihatnya saja serasa mendapatkan energi positif. Namun, ternyata selain indah, bunga matahari juga memiliki beberapa fakta unik yang jarang diketahui, penasaran?

Dilansir dari boydsflowers.com, Sabtu (26/11/2016), ternyata bunga matahari digunakan sebagai sumber makanan oleh penduduk asli Amerika. Selain itu, minyaknya juga dapat melembutkan kulit, memperbaiki kondisi rambut, dan mengobati luka.

Dan apakah Anda sadar meski terlihat sebagai bunga yang cukup besar, sebenarnya ia juga memiliki ratusan bunga yang kecil disebut floret? Floret berada di atas batang, yang biasa disebut sebagai kepala bunga.

Kelopak bunga yang berwarna kuning akan membantu daun menutupi kepala bunga sampai floret selesai berkembang dengan baik. Pusat bunga matahari sendiri berada di mana ratusan floret ini berkembang, tumbuh secara individual, dan akan tumbuh menjadi bunga matahari lain jika ditanam dan dirawat dengan baik.

Bunga matahari termasuk ke dalam genus Helianthus annus. Dalam bahasa Yunani, Helios artinya adalah matahari, sedangkan annus sendiri adalah bunga. Tidak hanya itu, bunga matahari juga merupakan satu-satunya bunga di dunia yang arahnya mencari posisi matahari di langit.

Penulis  : F. Ferdinand

Editor    : Bagus Mashudi

 

Tags:
0 shares
                            209 Views