tj2

Enjoy Trans Jakarta Bersama Triasrini Samsuar

Wartawanita.com – Saat ini, sepertinya, tak ada lagi pekerjaan pria yang tidak dapat dilakukan wanita. Termasuk menjadi pengemudi Trans Jakarta. Salah satunya adalah Triasrini Samsuar  – pemilik nomor identitas 11053 – yang telah bertugas  sejak tahun 2012. Saat ini, wanita kelahiran Jakarta 12 September 1973 ini dapat dijumpai bertugas di koridor 5 yang malayani  rute  Ancol – Kampung Melayu.

Rini, sapaan ibu lima anak ini,  mengaku sangat mencintai profesinya sebagai pengemudi wanita di Bus Transjakarta.

“Enjoy aja kerja di busway, nggak ada tekanan. Saya bisa atur waktu untuk keluarga. Anak – anak bisa dipantau setelah pulang kerja. Jam 1 siang saya sudah pulang ke rumah,” ungkap Rini sumringah.

Pada shift pagi, seorang supir perempuan busway akan bertugas dari pukul 05.00 hingga 13.00, yang dianggap sangat cocok bagi pengemudi busway wanita.

Dari Hobby Menjadi Profesi

Sebelum bergabung di Transjakarta, Rini pernah bekerja di bagian kredit di sebuah bank swasta – yang saat krisis moneter pada tahun 1998 ikut dilikuidasi. Setelah itu, pada tahun 2000, Rini  mencoba peruntungan menjadi pengusaha catering untuk anak – anak sekolah.

Enakan mana mbak, kerja di bank sama jadi pramusi Trans Jakarta?

“Kalau kerja di dunia perbankan kan nggak bisa pulang tenggo (pulang tepat waktu sesuai jam kerja), resikonya banyak. Belum lagi file – file yang harus segera diselesaikan sekalipun sudah waktunya untuk pulang. Kalau sebagai pengemudi yang paling kita harus waspada,” sahut Rini.

Menjadi Pengemudi Hingga Pensiun    

Saat ditanya sampai kapan ingin mengabdi sebagai pengemudi wanita di Bus Transjakarta – Busway, Rini mengaku ingin bertahan sampai pensiun.  Di lingkungan Transjakarta – Busway seorang pengemudi bisa bekerja sampai usia 50 an.

“Kalau saya pribadi sih, maunya sampai pensiun. Meski baru wacana, saya dengar untuk masa depan para pengemudi akan diupayakan dapat pensiun. Berarti masih 10 tahun lagi, kalau wacana ini jadi direalisasikan. SK pengangkatan saya juga sedang dalam proses. Bangga bisa berprestasi sebagai pengemudi wanita di  Bus Transjakarta – Busway,” harap Rini lagi.
Secara finansial, profesi yang digeluti Rini cukup bisa menopang kehidupan keluarganya. Meski enggan menyebutkan angka pasti, Rini terbukti mampu menyekolahkan salah satu putranya  hingga ke Malaysia.
Rini merupakan salah  satu dari sekian banyak profil kartini masa kini. Kartini yang mandiri serta mampu berdiri sejajar dengan laki-laki…
Kode unik: Klik di sini
Tags:
0 shares
                            467 Views