Doyan Makan, Body Tetap Menawan - Warwanita.com

Doyan Makan, Body Tetap Menawan

Wartawanita.com – Kenapa orang Italia doyan makan tapi tetap bisa menjaga berat badan ideal? Ternyata mereka melakukan gaya hidup sehat yang dinamakan dengan Mediterranean Diet atau diet Mediterania. Selain menyehatkan, ternyata diet ini juga mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Itulah salah satu penjelasan Ervina M.Sc, pada seminar Mediterranean Diet yang diadakan dalam Pekan Masakan Italia di Instituto Italiano di Cultura.

“Ternyata penelitian menyatakan orang Italia dapat langsing karena mereka mengonsumsi pasta, ditambah dengan ikan, gandum, lemak baik, dan wine merah” ujar Ervina dalam seminar Mediterranean Diet belum lama ini. 

Doyan Makan, Body Tetap Menawan - Wartawanita.com

Ternyata hidup dengan budaya makan Mediterranean memiliki berbagai hal yang spesial. Di samping tidak mengonsumsi daging merah serta produk susu dan turunannya, orang Italia senang memasak untuk makan bersama. Saat makan, musik dan tarian juga menjadi sebuah tradisi yang harus dilakukan untuk menghangatkan suasana keluarga. Makanan yang mereka konsumsi juga dibuat dari bahan-bahan yang segar sehingga selain menyehatkan, kuliner asli Italia ini terasa nikmat.

“Orang Italia memiliki kebiasaan makan yang unik. Mereka senang makan bersama diiringi dengan musik, bernyanyi hingga menari bersama. Hal ini meningkatkan aktivitas fisik dan hubungan sosial antar masyarakat” terang Ervina, peneliti dari Indonesian Intenational Institute for Life Science.

Ervina juga menceritakan, pola hidup ini juga diikuti oleh masyarakat yang berada di sekitaran laut Mediterranean, seperti bagian selatan Italia, pantai selatan Spanyol, masyarakat Yunani serta bagian utara benua Afrika. Karena keberagaman dan kebudayaannya, akhirnya Mediterranean Diet dikukuhkan sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2010.

Penulis    : F. Ferdinand

BACA JUGA:  Feng Shui Untuk Kesehatan Anda

Editor      : Bagus Mashudi

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            75 Views