danau-kaco

Danau Kaco, Situs Warisan Dunia

biru nan jernih air danau Kaco, Jambi
biru nan jernih air danau Kaco, Jambi

Danau kaco merupakan salah satu tempat wisata yang mempesona. Danau Kaco ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki telaga biru lainnya. Danau ini berada pada di ketinggian 1.289 mdpl, dengan luas 90 meter persegi dan kedalamannya belum di ketahui.

Walaupun kedalaman Danau Kaco masih merupakan sebuah misteri, danau ini memiliki air yang sangat bening sejernih kaca, Bahkan Anda dapat melihat ribuan ikan di dalamnya berenang kesana kemari. Keunikan lain dari Danau Kaco ini adalah dapat memancarkan cahaya terang di malam hari. Pancaran cahaya ini akan semakin terang pada saat datangnya bulan purnama.

Bermacam aktifitas dapat Anda lakukan di danau ini, seperti ; melakukan aktivitas berenang, foto-foto, menikmati keindahan alam sekitar danau serta berkemah di pinggir danau.

Menurut cerita rakyat setempat, cahaya yang keluar dari dasar danau merupakan cahaya intan yang terpendam di dasar danau. Intan tersebut disimpan oleh Raja Gagak yang berkuasa pada saat itu.

Danau Kaco Jambi ini terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci Jambi. Danau indah ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Sebagai informasi tambahan, TNKS merupakan sebuah taman nasional yang memperoleh gelar Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Penulis   :  Erison

Editor     :  Bagus Mashudi


LADIES MUST READ

0 shares
                            216 Views