ketupat1

Ciri Khas Unik Lebaran di Indonesia

Ciri Khas Unik Lebaran di IndonesiaWartawanita.com – Bulan puasa terus berjalan dan tidak terasa masyarakat muslim di Indonesia sudah mulai bersiap-siap menyambut Hari Nan Fitri ini. Di setiap negara dengan mayoritas berpenduduk muslim tentunya akan merayakan lebaran dengan cara dan tradisi yang berbeda-beda. Begitu juga di Indonesia yang mempunyai ciri khas tersendiri dalam merayakan lebaran. Ini dia keunikan lebaran di Indonesia, yaitu :

Lebaran Identik dengan Ketupat

Menjelang lebaran semua atribut atau hiasan di pertokoan dan jalan penuh dengan nuansa ketupat termasuk kartu dan sebagainya. Oleh sebab itulah maka ketupat menjadi identitas masyarakat Indonesia dalam merayakan Idul Fitri. Ketupat yang merupakan anyaman daun kelapa atau janur yang diisi beras, kemudian dimasah hingga menjadi nasi yang padat dan berbentuk seperti ketupat. Masyarakat Indonesia rajin membuat ketupat sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk opor ayam, rendang, sayur godok, dan lainnnya. Lebaran tidak lengkap tanpa kehadiran ketupat.

Beragamnya daerah di Indonesia membuat beragam pula lauk sebagai teman makan ketupat. Misalkan masyarakat sunda biasa menyantap ketupat dengan gado-gado, sate, dan lotek. Di Magelang, ketupat sebagai teman grabag. Ketupat ini sudah terkenal di Asia Tenggara, sehingga di negara seperti Malaysia, Brunei, dan Singapore juga ada. Padahal ketupat pertama kali hadir di Indonesia dibawa oleh Sunan Kali Jaga.

(Baca juga: Sesuaikan Warna Lipstik Dengan Bibirmu)

Sunan Kali Jaga memperkenalkan ketupat pada masyarakat Jawa sebagai hidangan lebaran. Ketupat mempunyai filosofi :

  • Anyaman yang rumit mencerminkan banyaknya kesalahan manusia di berbagai aspek kehidupan.
  • Kesempurnaan, yaitu dengan rumitnya anyaman, tapi akhirnya menjadi satu kesatuan, sama seperti kesatuan umat muslim di seluruh dunia pada Hari Raya Idul Fitri.
  • Kesucian hati yang terlihat dari ketupat yang dibelah dua dan terlihat warna putih di dalamnya.
Lebaran = Baju Baru

Menjelang lebaran, menjadi keuntungan tersendiri bagi yang mempunyai bisnis fashion. Berbelanja baju baru untuk lebaran sepertinya sudah menjadi tradisi di Indonesia.  Pusat-pusat perbelanjaan akan membuat program diskon besar, lengkap dengan sepatu beserta aksesorisnya juga. Walaupun bukan merupakan keharusan, tapi banyak umat Muslim yang mengusahakan sebisa mungkin untuk membelinya, karena adanya makna dibalik membeli baju baru ini.

Makna dibalik membeli baju baru untuk lebaran adalah diri yang bersih dan baru, dalam menyambut jiwa yang Fitri yang seperti terlahir kembali. Tapi ingat tidak perlu memaksakan diri untuk membeli baju-baju baru, karena yang terpenting adalah hati yang suci.

Pulang Kampung Yuk

Asalnya kata mudik ini merupakan kepanjangan dari bahasa Jawa “Mulih Dhisik”, yang berarti “pulang dulu”, dan kemudian diangkat menjadi bahasa nasional untuk mendeskripsikan kegiatan para perantau kembali ke kampungnya. Mudik ini sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia setiap lebaran tiba. Biasanya, sekitar 2 atau 3 minggu sebelum lebaran jasa transportasi banyak membuat program promo. Bisa dipastikan tiket jasa angkutan umum akan ludes karena banyaknya masyarakat yang akan mudik.

Mudik mempunyai makna dimana inilah saat yang tepat bagi para perantau untuk menunjukkan keberhasilannya diperantauan, dan melepas kangen bersama keluarga. Biasanya libur lebaran diberikan cukup lama dan dijadikan kesempatan untuk bersilahturahmi kepada sanak saudara, khususnya orang tua. Saat mudik, tidak ada lagi kesenjangan strata sosial di masyarakat, karena semua rakyat yang kurang mampu sampai petinggi saling berjabat tangan dan menikmati hari raya dengan kegembiraan yang sama. Kode unik: KLIK di sini

Asyiknya dapat THR

THR yaitu Tunjangan Hari Raya merupakan tradisi yang tidak lepas di hari lebaran. Tradisi pemberian THR biasanya adalah kepada anak-anak kecil ketika sedang bersilaturahmi ke orang tua, sanak saudara, atau tetangga. Biasanya, perusahaan-perusahaan di Indonesia juga memberikan THR kepada para karwayannya untuk merayakan hari raya.

Meriahnya Malam Takbiran

Malam takbiran merupakan malam yang penuh dengan suara ramai penduduk dan tabuh-tabuhan bedug. Malam takbiran yang merupakan malam terakhir bulan Ramadhan dimana semua umat Muslim menggaungkan takbir atas kemenangannya setelah sebulan menahan hawa nafsu duniawi dan lapar. Dengan mengganungkan nama Allah SWT, masyarakat  berpawai berkeliling kota. Takbir biasanya bisa didengar dari masjid-masjid dan arak-arakannya itu sendiri. Takbiran biasanya dilakukan dengan mengelilingi kampung, atau jalan utama perkotaan.

Selain unik ternyata lebaran di Indonesia sarat akan makna.

(Baca juga: 15 Fakta Tentang Payudara)

LADIES MUST READ

Tags:
2 shares
                            375 Views