Cara Tepat Gunakan Obat Kumur - Wartawanita.com

Cara Tepat Gunakan Obat Kumur

Cara Tepat Gunakan Obat Kumur - Wartawanita.comWartawanita.com – Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa cara penggunaan obat kumur yang salah justru  bukan membantu membersihkan mulut dan gigi, akan tetapi justru mendatangkan masalah pada rongga mulut semisal iritasi. Hal ini dibenarkan oleh drg. Djamilah Tohirah, Sp. Pros, MPH dan menyarankan untuk melarutkan terlebih dahulu obat kumur dengan air karena sifat obat kumur yang biasanya pekat.

Agar terhindar dari gangguan pada rongga mulut, ini dia tips nya :

Obat Kumur Dituang ke Gelas

Sebaiknya tidak menggunakan obat kumur langsung dari botolnya. Tuangkan terlebih dahulu obat kumur ke gelas kecil. Biasanya untuk ukuran standar obat kumur yang dimasukkan ke cangkir adalah 20 ml. Tetapi jika menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan fluroida yang berlebihan maka cukup menuangkan 10 ml saja. Banyaknya kandungan fluroida tersebut dapat dilihat dalam komposisi yang terdapat di luar kemasan. Namun hal ini berbeda lagi jika menggunakan obat kumur resep, maka jumlah yang digunakan tidak ada batasnya karena obat kumur resep tidak akan berbahaya sama sekali bagi kesehatan.

Dikumur Tidak Ditelan

Obat kumur seyogyanya digunakan dengan cara dikumur di dalam mulut. Hal yang perlu di ingat dalam hal ini adalah jangan sampai obat kumur tersebut tertelan karena mungkin obat kumur mempunyai kandungan yang berbahaya apabila tertelan.

Berkumur Selama 30 Detik

Berkumurlah selama lebih kurang 30 detik hingga 1 menit, maka keluarkanlah obat kumur yang digunakan. Namun sebelum itu pastikanlah bahwa obat kumur tersebut sudah menyentuh semua area yang ada di mulut. Hendaknya obat kumur dapat mencapai semua rongga-rongga di mulut dan harus tersentuh oleh obat kumur tersebut. Pastikan jangan sampai cairan obat kumur tertelan. Langit-langit mulut, gigi geraham, gigi depan, dan rongga mulut yang lainnya pastikan sudah terkena obat kumur tersebut lalu keluarkanlah jika sudah 30 detik hingga 1 menit.

Buang Segera Obat Kumur

Selesai berkumur segera buang cairan ke dalam saluran air atau washtapel. Segera bersihkan washtapel tersebut agar tidak terkena cairan kimia yang ada di obat kumur tersebut.

Berkumur dengan obat kumur dengan baik dan benar akan mendapatkan kesegaran mulut yang sehat.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            116 Views