nyeri haid

Cara Sehat Atasi Nyeri Haid

Wartawanita.com РUntuk mengatasi nyeri , menjelang selama haid ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti lima cara simpel berikut ini. Cara-cara ini bisa Anda praktekkan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi nyeri haid.

  • Minum Air Jahe Hangat

    Seperti yang dilansir oleh wellordie.com, jahe merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi nyeri haid. Jahe bisa bantu menurunkan kadar prostaglandin yang menyebabkan nyeri di dalam tubuh sekaligus bisa bantu mengatasi rasa lelah yang berkaitan dengan PMS. Siapkan air lalu masukkan parutan jahe secukupnya, kemudian rebus. Diamkan dulu sampai hangat, baru minum perlahan.

  • Minum Banyak Air Hangat

    Saat sedang haid, penting sekali untuk minum banyak air. Dan ketika nyeri haid melanda, baiknya perbanyak minum air hangat. Bisa juga tambahkan sedikit madu atau air perasan jeruk lemon ke dalam air hangat yang mau diminum. Sensasi hangat yang dirasakan tubuh bisa bantu meredakan nyeri haid perlahan.

  • Minum Air Kayu Manis Hangat

    Kayu manis diyakini memiliki kandungan yang bisa bantu redakan nyeri haid. Ambil kayu manis secukupnya, lalu blender (bisa juga pakai bubuk kayu manis yang sudah ada). Siapkan air panas, lalu larutkan bubuk kayu manis. Saring dan tambahkan sedikit madu. Setelah hangat baru diminum perlahan. Minuman ini bisa dinikmati setiap hari, di pagi hari dan malam hari.

    Kompres Air Hangat

    Kalau punya heating pad, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mengompres area perut. Tapi kalau tidak ada, bisa pakai botol plastik apa saja. Isi botol dengan air hangat secukupnya, lalu kompreskan ke area perut selama beberapa menit. Cara ini bisa menghangatkan sekaligus meredakan nyeri yang hebat saat menjelang haid atau haid di hari pertama.

  • Teh Herbal Hangat

    Teh herbal bisa jadi minuman ampuh untuk mengatasi nyeri haid. Bisa teh kamomil (chamomile tea), teh peppermint, dan teh hijau bisa jadi pilihannya. Bisa diminum sesuai kebutuhan, tapi sebaiknya tak lebih dari dua gelas per hari.

Selain “terapi” di atas, isttirahat yang cukup juga dapat membantu mempercepat pemulihan nyeri haid. Intinya adalah jangan buru-buiru minum¬† obat. Sebab biasanya obat yang beredar di pasaran lebih banyak berfungsi sebagai penahan rasa sakit. Bukan mengobati sumber rasa sakit. Belum lagi efek samping yang bakal timbul jika kita meminum obat kimiawi. Dan tentu saja, jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
0 shares
                            239 Views