Cara Mudah Membedakan Jenis Tepung - wartawanita.com

Cara Mudah Membedakan Jenis Tepung

Wartawanita.com – Sepintas, semua tepung tampak sama. Namun ternyata ada banyak sekali jenis tepung dan tentunya beda pula fungsinya. Salah memilih jenis tepung, tentu hasil masakan jadi kurang maksimal. Jika selama ini Anda merasa kebingungan untuk membedakan jenis-jenis tepung, maka disini kita akan membagikan informasinya untuk Anda semua.

Berikut adalah cara mudah membedakan jenis  tepung

Cara Mudah Membedakan Jenis Tepung - wartawanita.com1.    Tepung Terigu

Tepung terigu termasuk tepung yang banyak sekali digunakan untuk bahan utama kue, mie, cake, dan ainnya. Tahukah Anda jika tepung terigu dibuat dari gandum, adapun jenis terigu dibedakan lagi menjadi tiga, yakni : terigu protein tinggi (lebih elastic dan mudah mengembang, untuk bahan roti, mie), terigu protein sedang (untuk adonan fermentasi, misalnya : donat, bakpau, cake, bapel, onde-onde, dan lainnya) dan terigu protein rendah (untuk membuat kue kering, pastel, gorengan, dan lainnya). Tips dan Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Matang Sempurna

2.    Tepung beras dan tepung ketan

Tepung ini sesuai dengan namanya, yakni dibuat dari beras atau ketan. Keduanya biasa dimanfaatkan untuk membuat cemilan atau jajanan pasar, misalnya : untuk tepung beras untuk bubuk, nagasari, lapis, pelapis gorengan, dan lainnya. Untuk tepung ketan untuk bahan membuat wingko, getas, dan lainnya.

3.    Tepung Sagu

Tepung sagu dibuat dari saripati batang pohon sagu yang sifatnya kenyal sehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan bakso, pempek, tahu bakso, bika ambon, dan lainnya.  Cara Menggoreng Kentang Agar Renyah dan Tidak Lembek

4.    Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe terbuat dari saripati kacang hijau yang seringkali dimanfaatkan sebagai bahan membuat kue tradisional yang teksturnya lembut dna kenyal, mislanya : cendol, nagasari, kue cantik manis, dan bsia juga dijadikan campuran pelapis gorengan

5.    Tepung Tapioka

Tepung tapioca terbuat dari saripati singkong atau ubi kayu yang memiliki tekstur kenyal. Biasanya dimanfaatkan untuk campuran bakso, dadar jagung, campuran bubur kacang hijau,  dan kue lainnya.

6.    Tepung maizena atau tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena terbuat dari saripati jagung yang banyak dijadikan bahan perpaduan dengan tepung terigu. Adapun fungsinya adalah melembutkan tekstur cake, merenyahkan kue kering dan mengentalkan sup, saus, dan lainnya.

7.    Tepung Panir

Tepung panir atau tepung roti merupakan remahan dari roti yang bertekstur kasar sehingga gorengan jadi bertekstur renyah, cepat matang dan tidak menyerap minyak. Jenis makanan yang biasanya menggunakan teopung panir, yakni : nugget, kroket, ayam, udnag, dan lainnya.

8.    Tepung Gandum

Tepung gandum adalah tepung yang terbuat dari biji gandum utuh. Tak hanya bagian daging biji/bran saja yang digiling, tetapi juga bagian kulit ari/endosperm dan bagian inti bijinya/germ. Itu sebabnya, tepung gandum mengandung nutrisi yang lebih banyak ketimbang tepung terigu. Adapun warna tepung gandum ini tampak putih kecokelat-cokelatan. Tekstur tepung gandum terasa lebih kasar jika dibandingkan dengan tepung terigu. Namun jangan salah, justru hal ini yang membuat tepung gandum mempunyai serat yang tinggi. Tepung gandum paling bagus dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan tepung gandum lebih lama bertahan di dalam tubuh, sehingga membuat kita lebih berenergi dan tidak mudah lapar.

Kode unik: W#kuliner54

Tags:
0 shares
                            1978 Views