ank2

Cara Menjadi Ibu Yang Baik Bagi Anak Laki-Laki

Wartawanita.com – Buah hati merupakan karunia yang sangat luar biasa. Kewajiban orangtulah untuk mendidik dan merawat buah hati secara tepat hingga dewasa nanti. Peran orangtua memang tidak dapat tergantikan, bahkan peran keduanya sebenarnya adalah untuk saling melengkapi. Peran ibu dan ayah sangat penting dalam mendidik dan menjadikan kepribadian dan karakteristik seorang anak sejak kecil hingga dewasa nanti. Terutama bagi seorang ibu yang memiliki peran utama dan kedekatan yang sangat besar bagi anak-anaknya.

Seorang ibu merupakan sandaran untuk anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Cara mendidik dan merawat anak laki-laki dan anak perempuan tentunya agak berbeda, dan tidaklah mudah. Bagi ibu yang memiliki anak laki-laki, untuk mendidik dan merawat anak laki-laki tentunya diperlukan tips khusus agar anak laki-laki kita menjadi laki-laki dewasa yang baik dan tangguh. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik dan merawat anak laki-laki :

  • Mengajarkan Kesabaran dan Ketegaran

Di dalam kehidupan rumah tangga pasti akan ada masalah baik yang sepele maupun yang besar. Seorang ibu pasti mempunyai kemampuan untuk dapat menangani semua masalah dengan kesabaran. Hal ini dapat menjadi contoh nyata bagi anak-anaknya. Hal ini mengajarkan kepada anak secara tidak langsung untuk dapat senantiasa sabar dan kuat dalam mengatasi permasalahan yang akan dihadapinya di saat dewasa nanti.

  • Mengajarkan Makna Kelembutan

Banyak kejadian anak laki-laki yang tumbuh tanpa ibu pada usia dewasa akan menjadi seseorang dengan kepribadian yang kasar, kurang peka terhadap diri sendiri serta  tidak menghargai orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Ajarkanlah  anak lelaki akan makna kelembutan dalam bersikap, tanpa harus menghilangkan sisi ketegasannya.

  • Sebagai Perekat

Saat terjadi suatu  pertikaian dalam keluarga, ibulah yang selalu menjadi penengah. Ibu harus berdiri pada posisi netral. Misalnya menjadi penengah dalam perselisihan antara ayah dan anak atau anak dengan saudara-sauranya. Ibu dapat dijadikan contoh sebagai  “perekat” yang dapat mempersatukan semua anggota keluarga, agar dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik.

  • Menjadi Penyemangat

Disaat anak mengalami sebuah permasalahan berat, ibu selalu dapat  berpikir positif dan memberikan kata-kata serta dukungan yang dapat membangun semangat agar anaknya dapat kembali memiliki keyakinan dan perasaan optimis yang tinggi bahwa segala sesuatu pasti ada jalan keluarnya.

  • Selalu Menjadi Penasihat yang Baik

Kala anak berada dalam kebimbangan untuk mengambil suatu keputusan, ibu selalu dapat memberikan masukan dan nasihat-nasihat yang diperlukan anak. Ibu selalu dapat membantu anak menumbuhkan rasa percaya dirinya dan dapat memahami dampak baik serta buruk dari setiap keputusan yang diambilnya. Yakinkan anak bahwa apa pun keputusan yang akan diambil, itu adalah yang terbaik untuknya.

  • Menjadi Ibu yang Pemberani

Wanita mempunyai keistimewaan bahwa mereka berani melakukan berbagai aktifitas. Wanita dapat melakukan tugas-tugas seorang pria, tanpa harus menunggu hingga pasangan pulang dari kerja. Misalnya ketika hujan deras dan atap rumah bocor banyak wanita yang berinisiatif melakukan seorang diri untuk menambal atap rumah yang bocor tersebut. Walaupun mungkin agak sepele, tetapi bagi anak ibunya adalah ibu yang hebat.

Profesi yang tidak mudah adalah menjadi ibu. Pada pundak ibulah Tuhan menitipkan buah hati untuk dijaga dengan semaksimal mungkin. Ibu yang kuat tentunya akan menjadikan anak laki-lakinya menjadi pribadi yang mandiri dan kuat pula.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
0 shares
                            397 Views