borobudur

Candi Borobudur, Candi Termegah di Dunia

Candi terbesar di Indonesia adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi dan menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO (world heritage).

Candi Borobudur dibangun sekitar abad ke-8. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.Candi Borobudur ini merupakan Candi Budha termegah di dunia dan menjadi bukti kejayaan nenek moyang bangsa Indonesia di masa lampau. Bayangkan saja, di jaman serba manual tanpa bantuan komputer dan tanpa alat canggih apa pun nenek moyang kita mampu membangun monumen raksasa dari batu kali dan semuanya tersusun rapi dengan sistem interlock (saling mengunci satu sama lain). Belum lagi kehebatan para senimannya yang mampu memahat 2672 panel relief secara berkesinambungan. Konon jika panel relief tersebut disusun secara berjajar akan memiliki panjang 6 kilometer.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Wisatawan yang mengunjungi Borobudur bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Dari tingkat pertama berjalan ke kiri kemudian baru naik ke tingkat selanjutnya, begitu terus hingga mencapai puncak. wisatawan juga bisa melihat banyak relief yang menarik.

Selain menikmati kemegahan candi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur juga terdapat banyak hal menarik yang bisa dikunjungi atau dicoba. Bagi pecinta museum, wisatawan dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa secara gratis. Wisatawan juga bisa menaiki gajah tunggang, kereta kelinci, maupun sepeda tandem untuk mengelilingi kompleks Borobudur.

Penulis: Erison

 

LADIES MUST READ

0 shares
                            137 Views