green-canyon-pangandaran-2

Body Rafting di Green Canyon Jawa Barat

 

 

Pemandangan dari atas tebing green cayon
Pemandangan dari atas tebing green cayon

Cukang Taneuh atau Green Canyon (Ngarai Hijau) adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Nama Green Canyon diyakini berasal dari seorang turis Perancis yang datang ke lokasi Green Canyon pada tahun 1993. Karena air dan lumut berwarna hijau yang berlimpah maka wisatawan itu memberikan nama Green Canyon. Cukang Taneuh (bahasa Sunda) berarti jembatan tanah, yang mewakili sebuah jembatan dari tanah yang terbentang di atas lembah dan jurang.

Green Canyon merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus sebuah gua dengan pemandangan mempesona. Gua tersebut memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Aliran sungai di Green Canyon diapit oleh dua bukit yang terdiri atas bebatuan dan pohon-pohon hijau. Suasana alami hutan akan sangat terasa ketika anda menjejakkan kaki di tempat ini. Air sungai yang begitu jernih memberikan kesan segar. Lokasi persisnya dapat dicapai dengan menggunakan perahu menyusuri sungai Cijulang selama kurang lebih 30 menit. Perjalanan tidak akan terasa membosankan.

Green Canyon menawarkan pengalaman menyenangkan sekaligus mendebarkan. Anda bisa berenang sepuasnya di kawasan Green Canyon, mengikuti arus air terjun. Jika suka menyelam, tempat ini juga lokasi yang bagus untuk menyelam.

Penulis   :  Erison

Editor     :  Bagus Mashudi

0 shares
                            161 Views