Bertahan Dengan Gaji Pas-pasan

Bertahan Dengan Gaji Pas-pasan - Wartawanita.comWartawanita.com – Jaman semakin maju, mengikuti perkembangan masa dimana dalam pekerjaan dibutuhkan banyak tenaga-tenaga selain terampil juga dapat  berpikir secara kreatif. Nah seperti inilah anak-anak muda yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tapi walaupun dipenuhi ide-ide kreatif, terkadang kemampuan perusahaan untuk membayar gaji karyawannya juga mengalami keterbatasan.

Tapi anak-anak muda jaman sekarang harus berpikir kreatif, walaupun mempunyai penghasilan yang pas-pasan tapi bukan berarti akhirnya harus mengencangkan ikat pinggang lho, asalkan mencoba kiat-kiat dari  Kepala Marketing Ikano Bank, Craig Fiddes, yaitu :

Bijaksana Berhutang

Sebaiknya hindarilah menghutang dalam yang jumlah besar. Saat mendapatkan uang, bayarlah terlebih dahulu hutang yang besar seperti tagihan kartu kredit. Jangan pernah tergoda dengan penawaran menarik yang justru akan membuat terjebak dalam hutang yang lebih dalam.

Pastikan Harus Menabung Walaupun Kecil

Setelah membayar hutang yang besar,  selanjutnya konsentrasilah menabung untuk biaya tak terduga, misalnya memperbaiki motor rusak, dan sebagainya. Dana tak terduga akan membuat tenang tak peduli seberapa sedikit jumlahnya. Nah, setelah dana darurat siap, investasikan tabungan untuk mendapat hasil jangka panjang yang lebih baik.

Minta Bantuan Orangtua

Meski orangtua bukanlah dari kalangan kaya raya, galilah sebanyak-banyaknya  informasi dari mereka mengenai pengalaman finansial. Pengalaman adalah guru terbaik, jangan sampai mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan.

Tabung Dana Pensiun

Muda usia bukan berarti tidak memikirkan hari pensiun ya ! Mulailah menabung untuk dana pensiun sedini mungkin karena ini juga menjadi salah satu  cara terbaik bagi anak muda untuk membangun keuangan stabil di masa depan. Jika gaji otomatis dipotong untuk pensiun, coba perhitungkan apakah bisa membayar lebih setiap bulannya agar hasilnya lebih besar kelak.

Mulailah Dari Hal Kecil

Mulailah mengatur uang dari bulan ini. Apakah pengeluaran lebih besar dari pendapatan? Coba unduh aplikasi gratis yang bisa mempermudah cara menghitung budget secara sederhana.

Waspada Terhadap Investasi Bodong

Hanya karena seorang teman menyebut diri mereka entrepreneur, bukan berarti idenya wajib diikuti dengan dana yang tersedia. Jangan pernah menginvestasikan uang pada hal yang tidak dimengerti.

Kode unik: W#lifestyle25

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            116 Views