Belajar Memahami Kemarahan Si Kecil

Belajar Memahami Kemarahan Si Kecil

Belajar Memahami Kemarahan Si KecilWartawanita.com – Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat meluapkan kemarahan karena merasa kecewa tetapi anak kecil pun mempunyai hak untuk mengungkapkan rasa kecewanya dengan kemarahan juga. Menurut jurnal Development And Psychopathology, AA, mengatakan bahwa anak akan mempunyai sifat pemarah dan sering mengamuk karena kedua orangtuanya juga sering marah. Bentuk ekspresi anak jika sedang marah akan bermacam-macam, misalkan memukul atau melempar sesuatu atau bahkan melarikan diri.

Bermacam ekspresi marah pada anak harus menjadi tugas orangtua atau orang dewasa di sekitarnya untuk dapat melatih ekspresi marah agar tidak berlebihan karena pada dasarnya anak adalah peniru yang sangat mahir. Jadi hendaknya sebagai orangtua dapat bijaksana dalam menunjukan ekspresi marah yang merugikan.

Pada saat anak dalam kondisi marah, seyogyanya orangtua dapat mengetahui penyebabnya sehingga dapat dengan mudah mengatasi ekspresi marah yang tidak perlu. Beberapa hal yang dapat orangtua lakukan saat menghadapi buah hatinya yang sedang marah, yaitu :

Tampung Kemarahannya

Tampung terlebih dahulu emosi marahnya. Jangan melarang atau menyalahkan anak, walaupun biasanya orangtua selalu menganggap penyebab kemarahan anak hanya masalah sepele.

Ajak Berkomunikasi

Orangtua hendaknya dapat  mengajak anak berbicara dari hati ke hati tentang kemarahan anak. Terima saja semua emosi yang muncul dengan tenang dan sabar (empati). Ajak buah hati untuk mengenali emosinya kemudian beri kesempatan padanya untuk mengakui dengan jujur tentang hal-hal yang sebetulnya diinginkan.

Problem Solving

Pada tahap ini anak berusaha untuk mengungkapkan harapannya yang hilang setelah itu kemarahan anak akan menurun. Cobalah untuk mengajak anak berpikir problem solving sehingga di masa yang akan datang anak dapat menghadapi masalah yang sama.

Jadi hendaknya mulai saat ini dapat menghadapi kemarahan anak dengan lebih bijaksana lagi.

Kode unik: KLIK di sini

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            138 Views