Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 - Wartawanita.com

Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 !

Wartawanita.com – Walau rasanya kurang enak di lidah tapi garam merupakan penentu kenikmatan sebuah makanan. Pada dasarnya garam mentah dapat berguna untuk membantu menyeimbangkan gula darah, menjaga kekuatan tulang, mengatur metabolisme, menjaga kekebalan tubuh dan sebagainya.  Berikut ini adalah beberapa situasi yang harus dihadapi dan membutuhkan asupan garam, yaitu :

Saat Akan Marathon

Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 - Wartawanita.comBilamana ada rencana  mengikuti marathon sebaiknya sehari sebelumnya komsumsilah makanan yang tinggi garam. Marathon merupakan olahraga dengan intensitas tinggi dan membuat tubuh membutuhkan asupan sodium yang baik. Jika tubuh kekurangan garam saat itu akan menyebabkan hiponatremia alias menurunnya kandungan sodium dalam darah yang akan mengakibatkan pusing dan lemas.

Berada di Tempat yang Terik

Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 - Wartawanita.comBertempat tinggal di daerah dengan iklim panas otomatis akan membuat tubuh selalu mengeluarkan berkeringat. Keringat yang berlebih ini dapat mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam tubuh yang berujung dengan hiponatremia.

Saat Mengalami Netropati

Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 - Wartawanita.comNefropati merupakan bentuk lain dari penyakit ginjal yang dapat membuat tubuh kesulitan untuk menjaga kandungan atau kadar natrium. Natrium dalam tubuh dapat hilang karena buang air kecil yang  berlebih yang sering dialami oleh penderita penyakit ini. Oleh sebab itu penderita nefropati wajib untuk menjaga kadar sodium di dalam tubuhya dengan konsumsi makanan bergaram.

Usia Lanjut
Bagi yang sudah berusia 80 tahun lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan bergaram. Asupan garam dibutuhkan untuk menaikkan aktivitas otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang mengonsumsi garam memiliki aktivitas otak yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang diet rendah sodium.
Saat Mengalami Bartter Syndrome

Bartter Syndrome atau Sindroma Bartter merupakan suatu kelainan dimana ginjal membuang elektrolit (kalium, natrium dan klorida) dalam jumlah berlebihan. Saat kadar kalium dalam darah menjadi rendah (hipokalemia). Penyakit ini kebanyakan terjadi karena faktor keturunan. Inilah saat dibutuhkannya garam !

Sangat Susah Tidur

Asinnya Garam Diperlukan Saat Hadapi 7 Situasi Ini, Wanita Harus Perhatikan, Apalagi Nomor 3 - Wartawanita.comMengomsumsi air garam ternyata dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hal ini karena kandungan mineral dalam garam dapat memberikan efek yang menenangkan bagi sistem syaraf manusia. Garam disebut-sebut dapat mengurangi hormon stress berupa kortisol dan adrenalin sehingga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dihindari tetapi pada saat tertentu dibutuhkan.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            247 Views