Apakah Multivitamin Bikin Anda Sehat - Wartawanita.com

Apakah Vitamin Bikin Anda Sehat ?

Wartawanita.com – Berbagai multivitamin bisa Anda dapatkan dengan mudah. Dari mula yang berupa tablet, kapsul, sirup, bahkan permen karet pun ada. Seperti banyak dari kita, menurut National Institutes of Health, sepertiga orang Amerika juga mengonsumsi vitamin setiap harinya. Tapi, apakah benar vitamin bikin Anda sehat ?

Tidak Ada Manfaat Multivitamin yang Benar-Benar Menyeluruh

Secara teorinya sih mengkonsumsi multivitamin setiap hari akan membantu Anda mendapatkan kadar vitamin dan mineral yang mungkin tidak didapat dari makanan yang dimakan. Namun, meskipun sudah ada banyak penelitian, sains sejauh ini belum menemukan manfaat yang lebih besar atau signifikan dari suplemen multivitamin ini.

Orang cenderung mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup dari asupan makanan saja. Sementara multivitamin standar dapat membantu memberikan kekurangan asupan tapi hanya sebagian kecil saja. Multivitamin dapat menyumbangkan banyak sekali nutrisi lain di atas asupan yang direkomendasikan setiap harinya.

Dengan sedikit pengecualian, multivitamin tidak direkomendasikan untuk mayoritas orang berumur dan anak-anak.

Potensi Risiko Meminum Vitamin

Selain multivitamin tidak memberikan manfaat yang jelas, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pada populasi tertentu, suplemen lain sebenarnya dapat menimbulkan risiko.

Pada tahun 1994, untuk pertama kali para peneliti mempublikasikan temuan kalau ternyata suplementasi vitamin dapat meningkatkan risiko kanker pada beberapa orang. Studi ini menemukan bahwa perokok laki-laki yang dilengkapi dengan beta-karoten (prekursor vitamin A) mengalami peningkatan risiko kanker paru sebanyak 18 persen, serta peningkatan risiko kematian dini sebanyak 8 persen. Temuan ini tentu mengejutkan komunitas ilmiah, karena beta karoten yang berasal dari buah-buahan dan sayuran sebelumnya dinyatakan bisa mengurangi risiko kanker kepala dan leher.

Kalsium, misalnya, dapat menyebabkan masalah gastrointestinal dan peningkatan risiko infark miokard. Suplemen lain juga memiliki risiko, jadi pastikan untuk memeriksa mebelum mengkonsumsinya.

Hanya Mereka Yang Bisa Mendapatkan Manfaat dari Minum Multivitamin

Ilmu pengetahuan tidak mendukung suplementasi vitamin secara umum. Tapi tentu saja ada pengecualian. Yang bisa meminum vitamin adalah:

  • Wanita hamil atau wanita yang ingin hamil.
  • Ibu menyusui.
  • Individu yang tidak dapat menerima gizi yang cukup atau punya akses yang buruk ke berbagai makanan sehat, seperti orang yang tinggal di pedalaman.
  • Individu dengan degenerasi makula karena faktor usia.
  • Mereka yang kekurangan vitamin atau mineral, yang diketahui melalui tes darah.

Semua kondisi kesehatan di atas harus dinilai oleh dokter. Jadi tanpa ada nasihat dari dokter, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi vitamin. (Jelita/ Chopra)

Tags:
0 shares
                            107 Views