Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.com

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya

Wartawanita.com – Otak merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting. Semua proses yang mengatur cara bergerak, melihat, berbicara, berfikir, mengingat, hingga mengontrol emosi ada di otak. Sungguh menakjubkan bahwa di otak ada sekitar 100 juta sel saraf. Sang Pencipta sudah membekali manusia akal dan fikiran tapi bagaimana cara mengasah kepintaran anak ? Jaman yang canggih ini sinetron percintaan semakin marak, berbagai game online PC hingga android juga semakin banyak.

Orangtua di masa kini sebaiknya dapat mengasah kemampuan otak anak dengan memberikan jenis permainan yang di jaman sekarang sudah mulai ditinggalkan, seperti :

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.comCatur

Catur merupakan sebuah olahraga untuk mengasah otak. Permainan catur dikenal di berbagai kalangan untuk segala jenis umur. Berkembangnya teknologi membuat permainan catur sudah tersedia di komputer dan HP. Pada anak-anak catur sangat baik untuk meningkatkan daya ingatnya. Anak dapat belajar bagaimana strategi langkah awal, menyusun strategi hingga akhirnya dapat mengalahkan lawan dan menang. Tanpa disadari anak akan mengembangkan logikanya. Permainan ini melatih anak untuk menyusun sudut pandang masing-masing serta dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di langkah selanjutnya.

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.comRubik

Kubus rubik ini ditemukan tahun 1974 dan merupakan permainan yang sangat terkenal. Permainan yang ditemukan oleh seorang Profesor Arsitektur bernama Ernő Rubik yang berasal dari Hungaria. Permainan yang terdiri dari 27 bagian kotak kecil yang berbeda-beda warna yang berputar pada poros yang terlihat. Permainan ini menggunakan rumus matematika sehingga anak yang memainkan permainan ini dapat melatih daya ingat, kecerdasan juga kesabarannya.

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.comPuzzle

Hingga sekarang permainan ini  masih terkenal di kalangan anak-anak.  Pada anak-anak permainan ini melatih daya ingat, intuisi, daya nalar dan melatih kesabaran. Sangat cocok bagi seseorang yang menyukai masalah rumit, bagaimana mereka meresolve problem. Hal ini terpampang jelas dari kepingan puzzle yang berantakan, di atur satu-satu entah dari tengah atau dari pinggir-pinggir yang penting hasilnya tersusun dengan benar. Permainan ini sangat cocok untuk anak anda, untuk melatih kreatifitas, daya ingat, dan kesabaran anak. Walau tidak terlalu menonjol manfaat permainan anak, namun akan terlihat ketika anak anda sudah besar.

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.comLego

Lego adalah permainan yang berbentuk kotak dengan bulatan-bulatan kecil yang dapat disusun dengan piece yang lain. Permainan ini sangat melatih daya imajinasi anak. Otak anak ibarat perut yang sangat kehausan akan ilmu dan imajinasi. Hal ini terpampang ketika seorang anak selalu bertanya dan menyentuh benda-benda. Bermain lego akan membuat anak dapat berkreatifitas dengan imajinasinya.

Ajak Anak Bermain Halma, Salah Satu Permainan yang Dapat Mengasah Otaknya - Wartawanita.comHalma

Permainan halma merupakan permainan yang menggunakan taktik dan strategi seperti catur dan dapat melibatkan 2, 3 atau 4 pemain. Permainan ini berbentuk geometri, tersedia home bagi pemain. Permainan ini sangat menarik minat anak yang ingin mengasah kemampuan otaknya dalam strategi dan taktik. Secara tidak langsung anak secara tidak langsung akan belajar mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam menghadapi suatu masalah.

Yuk ajak buah hati bermain permainan ini.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            313 Views