pulau-komodo-2

Ada Apa di Pulau Komodo pada Setiap Juli & Agustus?

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Menyusuri kawasan Taman Nasional Komodo nda akan melewati trek pendek sekitar 3,5 km. Hutannya pun masih cukup lebat yang didominasi oleh pohon gebang, yakni pohon sejenis lontar. Taman Nasional Komodo ini terdiri dari beberapa pulau yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan dua pulau kecil yakni Pulau Gilimotang dan Nusa Kode.

Pada empat pulau ini sedikitnya terdapat 2.500 ekor komodo dengan jumlah terbanyak di Pulau Komodo sekitar 1.300 Juta ekor, Pulau Rinca sebanyak 1.100 ekor dan sisanya di dua pulau kecil. Bila Anda datang ke Taman Nasional Komodo sekitar bulan Juli-Agustus maka Anda akan melihat Komodo lebih agresif. Hal ini karena pada rentang bulan ini adalah musim kawin komodo. Setelah itu komodo akan bertelur sekitar 15-30 butir.

Pulau Komodo memang pulau yang unik. Pasalnya pulau ini adalah satu-satunya pulau tempat habitat asli spesies purba Komodo di dunia. Sejak Mei lalu, Pulau Komodo juga resmi dinobatkan dalam “New 7 Wonders of Nature” atau 7 keajaiban dunia. Pengumuman itu disampaikan di Zurich, Swiss, dan resmi menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia mulai Rabu (16/5), pukul 17.00 WIB. Kemenangan itu diresmikan oleh Presiden Direktur New7Wonders, Bernard Weber, dan Duta Besar Komodo, Jusuf Kalla.

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Penulis       :  Erison

Editor           :  Bagoes Mashudi

 

0 shares
                            315 Views