8 Air Terjun Paling Serem di Dunia, Berani Uji Nyali ? - Wartawanita.com

8 Air Terjun Paling Serem di Dunia, Berani Uji Nyali ?

wartawanita.com – Salah satu ciptaan Yang Maha Kuasa yang harus dikagumi adalah air terjun. Begitu sempurnanya aliran air dari tempat yang tinggi yang jatuh menghantam bumi. Pemandangan air terjun memang mempunyai daya tarik tersendiri, selain dapat menikmati keindahannya juga dapat menjadi ajang uji nyali untuk terjun dari atas air terjun. Debit air dan ketinggian yang cukup ekstrem dapat menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati suasana air terjun.

Ingin uji nyali dan sekaligus membayangkan betapa mengerikannya jika terjatuh dari air terjun ? Ini 8 air terjun paling serem di dunia, yaitu :

Angel Falls – Venezuela

Air terjun ini memang terletak di ujung gunung Auyantepui, Rio Caroni, Taman Nasional Canaima di Venezuela, Amerika Selatan. Cukup membuat hati bergetar karena ketinggian air terjun ini  cukup ekstrem yaitu 979 meter. Nama Angel Falls sendiri sebenarnya diambil dari nama pilot yang menemukannya secara tidak sengaja saat mencari tambang emas pada tahun 1963. Jadi, untuk mengenang penemuan pilot yang bernama James Crawford Angel tersebut maka air terjun ini diberi nama Angel Falls.

Kenyataannya memang air terjun ini memilik pemandangan yang super indah tapi sangat disarankan untuk tidak berdiri persis di bawahnya walau dengan alasan untuk sekedar merelaksasikan badan. Hal ini karena curahan air terjun ini sangat tinggi, sehingga dapat membuat cedera tubuh oleh benturan airnya. Selain itu sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan terjun bebas dari puncak air terjun, sebab Angel Falls memiliki dinding yang terdiri dari banyak batu-batu tajam.

Tugela Falls – Afrika Selatan

Ketinggian air terjun ini sekitar 948 meter. Air terjun ini disinyalir sebagai air terjun tertinggi kedua di dunia. Tugela Falls terletak di lereng pegunungan Dragon yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Royal Natal. Selain sangat tinggi, Tugela Falls juga mempunyai dinding-dinding yang cantik. Jangan kaget jika sesekali air terjun terpecah karena membentur dinding batu yang menjorok keluar. Saat sore menjelang air terjun ini akan terlihat sangat menawan karena disinari cahaya matahari yang memantulkannya menjadi sebuah pelangi. 

Gocta Cataracts – Peru

Keunikan dari air terjun ini adalah karena memiliki 2 air terjun sekaligus di dalamnya. Keduanya mengalir dari ketinggian 771 meter menuju sungai Cocahuayco. Sebenarnya air terjun ini sudah dikenal oleh masyarakat berabad-abad yang lalu. Keberadaan air terjun ini mulai terkenal akibat ilmuwan asal Jerman yaitu Stefan Ziemendorff, yang meneliti serta mengukur ketinggiannya serta mempopulerkannya. Air terjun Gocta Cataracts dikenal dengan debit airnya yang besar, tidak heran jika deburan airnya terdengar hingga radius beberapa kilometer.

Ramnefjellsfossen – Norwegia

Salah satu air terjun paling mengerikan di dunia ini terletak di Norwegia dan memiliki ketinggian sekitar 818 meter. Air terjun ini juga memiliki debit air yang sangat besar dan mengisi Danau Lovatnet yang begitu indah dan tenang. Pada ketinggian sekitar 599 meter, air yang jatuh terlebih dahulu akan membentur bebatuan yang cukup besar. Setelah itu, air kembali meluncur ke danau di bawahnya.

Mongesfossen – Norwegia

Masih berada di Norwegia, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 773 meter, dengan debit air yang sangat deras. Tapi kabarnya derasnya arus Mongefossen tidak sedashyat dulu karena sebagian airnya sudah digunakan untuk pembangkit listrik. Bahkan pada saat musim panas, Mongefossen tidak mengeluarkan air sedikitpun. Air terjun ini memang terlihat sangat luar biasa sehingga banyak wisatawan yang menantang bahaya dengan terjun bebas dari atas puncaknya !

Yosemite Falls – Amerika Serikat

Air terjun ini terletak di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat. Air terjun ini merupakan primadona para traveler dunia karena memiliki lembah-lembah cantik yang terbentuk akibat tekanan tinggi dari air terjun itu sendiri. Air terjun dengan ketinggian mencapai 739 meter dan memiliki beberapa lembah yang memecah jatuhnya air terjun dari puncak. Pada ketinggian sekitar 436 meter terdapat sebuah lembah yang berukuran cukup besar. Ketika debit air jatuh dari puncak dan menabrak lembah tersebut, air akan menghasilkan percikan indah sebelum kembali jatuh ke bawah.

Mutarazi Falls – Zimbabwe

Tak disangka, Zimbabwe memiliki air terjun yang sangat cantik bernama Mutarazi Falls. Air terjun ini memiliki ketinggian 762 meter dan jatuh ke sungai Mutarazi. Karena keindahannya, banyak wisatawan datang berkunjung khususnya para pecinta tantangan. Biasanya para wisatawan tersebut akan terjun bebas berbekal parasut dari puncak air terjun. Air terjun ini terbilang cukup aman karena tampak polos tanpa lembah atau halangan apapun bagi yang ingin terjun bebas hingga ke dasarnya.

Niagara – New York dan Ontario

Niagara merupakan salah satu air terjun yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Air terjun inilah yang memisahkan Amerika Serikat dan Kanada atau tepatnya antara New York dan Ontario. Niagara yang terdiri atas 3 air terjun memang sangat cantik dengan laju air tertinggi dibanding semua air terjun di dunia. Penurunan vertikalnya bahkan mencapai lebih dari 50 meter. Meski tidak terlalu tinggi, Niagara termasuk air terjun yang terbesar di dunia dan terkenal karena panoramanya yang cantik yaitu adanya pelangi indah yang melintang di tengah-tengah derasnya air terjun. Keindahan alamnya ini yang membuat jutaan orang dari berbagai belahan dunia mengunjunginya setiap hari.

Jadi berminatkah untuk menjadikan latar saat selfie ?

 

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            103 Views