Mempunyai buah hati yang masih berusia bayi tentunya akan membutuhkan perhatian yang super ketat. Salah satunya adalah harus ekstra ketat memperhatikan kebersihan peralatan makannya - Wartawanita.com

7 Tips Mencuci Peralatan Makan Bayi Agar Bebas Bakteri

Wartawanita.com – Mempunyai buah hati yang masih berusia bayi tentunya akan membutuhkan perhatian yang super ketat. Salah satunya adalah harus ekstra ketat memperhatikan kebersihan peralatan makannya. Peralatan makan bayi jika kurang atau tidak bersih akan menjadi sarang bakteri sekaligus dapat membuat bayi menjadi sakit. Ada beberapa tips yang dapat para ibu lakukan saat akan mencuci peralatan makan bayi, seperti :

Pastikan Tangan Harus Keadaan Bersih

Saat akan mencuci perlalatan makan bayi pastikan tangan juga harus dalam kondisi bersih. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun yang lembut namun memiliki kandungan antiseptik. Hal ini berguna untuk mencegah perpindahan kuman dari tangan ke peralatan makan bayi.

7 Tips Mencuci Peralatan Makan Bayi Agar Bebas Bakteri - Wartawanita.comLepaskan Semua Komponen Peralatan Makan

Saat akan mencuci peralatan makan bayi sebaiknya lepaskan semua komponen alat makan  untuk memudahkan dalam proses pencuciannya. Misalnya untuk botol susu, maka harus dibuka tutup dan melepaskan karetnya. Jika komponen terlepas maka untuk mencapai tempat-tempat yang sulit akan menjadi lebih mudah. Ingat, jangan hanya mengocok air sabun saja tanpa menyikatnya !

BACA JUGA:  4 Cara Memasak Pasta Gandum untuk Menu Diet
Gunakan Sabun Pencuci Berbahan Aman

Dalam mencuci peralatan bayi, perhatikan cairan pencuci peralatan bayi yang akan digunakan. Agar bersih dan terhindar dari bakteri, sabun pencuci yang mengandung anti bakteri. Sabun pencuci anti bakteri ini sangat efektif untuk membunuh bakteri dan sekaligus mencegah pertumbuhan ribuan bakteri pada spons agar peralatan bayi aman digunakan.

Gunakan Sikat Khusus untuk Botol

Saat membersihkan botol susu bayi tidak sama dengan membersihkan peralatan makan lainnya. Sebaiknya botol susu dapat langsung dicuci setelah selesai dipergunakan jangan menumpuk hingga beberapa botol karena akan menyebabkan tertinggalnya bakteri akibat susu basi. Gunakan selalu sikat botol khusus untuk membersihkan bagian dalam botol susu tersebut, kemudian gosok mulai dari bagian bibir botol tempat bayi menghisap minuman, hingga ke bagian dalamnya.

BACA JUGA:  Salah Cara Mencuci, Membuat Bra Berantakan
Selalu Menggunakan Air Mengalir

Setelah dicuci dengan sabun, gunakanlah air mengalir untuk membilas peralatan makan dan minum bayi. Sangat disarankan untuk menggunakan air mengalir saat pembilasan karena air mengalir dapat membuat cucian menjadi lebih bersih dan higienis.

7 Tips Mencuci Peralatan Makan Bayi Agar Bebas Bakteri - Wartawanita.com

Segera Keringkan

Setelah selesai dicuci, ada baiknya peralatan makan dan minum bayi dikeringkan dengan cara disusun di rak yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan hingga benar-benar kering dengan alami dengan cara membalikannya. Namun jika ingin dipakai, gunakan kain yang bersih untuk mengeringkannya. Bisa juga mengeringkannya dengan menggunakan alat pencuci peralatan bayi modern seperti pemanas listrik.

Sterilisasi

Sterilisasi peralatan makan dan minum bayi sangat penting untuk memastikan semuanya bersih dan terhindar dari kuman maupun bakteri jahat. Cara sterilisasi yang paling sering dilakukan dan mudah adalah dengan merendamnya di dalam air yang direbus hingga mendidih.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            41 Views